26-1

Tanaman Yang Bisa Cepat Panen Di Rumah

Berkebun di rumah sedang tren. Dari tanaman hias sampai jenis yang dapat dikonsumsi. Bila Anda juga penggemar berkebun tapi ingin cepat-cepat merasakan hasilnya, ada beberapa tanaman yang mudah dipanen.

Tak membutuhkan waktu lama. Dari awal ditanam hingga bisa dipanen pertama kali, rata-rata membutuhkan waktu sebulan saja. Selanjutnya daun atau buah dapat dipetik setiap hari atau tergantung periode produksi tanaman itu sendiri. Tergantung pula bagaimana kita merawat dan menjaganya agar terus berkembang dan menghasilkan kualitas terbaik. Seperti menambahkan pupuk organik, rutin tidaknya disiram air, serta faktor pencahayaan sinar alami dari matahari.

Baca juga: Deretan Tanaman Hias Yang Booming Di 2020

Berkebun di rumah sekarang juga bukan sekadar memenuhi kebutuhan makan harian. Sebagaimana mesti sehat dan bebas dari virus. Melainkan juga bentuk pengalihan sehat dari bosannya kegiatan yang monoton selama di rumah saja. Ada kesenangan tersendiri ketika dapat merawat, memetik, dan mengolah dari kebun sendiri. Apalagi mata ikut terasa sejuk saat memandang berbagai tanaman segar tumbuh dalam pot-pot yang menggemaskan.

Sayuran hijau

 

Ada banyak sekali jenis sayuran hijau yang mudah ditanam dan cepat panen. Contohnya kangkung yang dapat dipetik dalam 3 minggu. Waktu yang sama juga berlaku untuk panen bayam hijau, bayam merah, selada hijau, selada air, mentimun, sawi hijau, tomat, dan lobak. Sedangkan untuk jenis buncis yang bisa tegak membutuhkan waktu 45 hari, atau tunggu hingga 60 hari jika ingin mendapat tipe yang merambat.

Setelah panen pertama, lanjutkan dengan perawatan seperti biasa. Umumnya untuk sayuran yang diambil daunnya dapat dipanen harian. Semakin banyak ditanam, semakin banyak pula hasilnya.

Bumbu dapur

Bumbu dapur pun juga dapat dihasilkan sendiri di rumah. Bedanya, ada beberapa jenis yang dapat cepat dipanen, ada yang memerlukan waktu lebih lama. Contoh yang cepat misalnya seledri, daun salam, daun jeruk nipis, dan daun pandan. Sebab memang metode menanam mengutamakan bagian batangnya. Sehingga mempercepat munculnya daun-daun yang dibutuhkan untuk memasak. Tak sampai sebulan sudah bisa dinikmati.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Meletakkan Tanaman Dalam Rumah

Sementara contoh yang agak lama dipanen ada pula cabe, bawang merah, bawang putih, jenis rimpang (mulai dari jahe, lengkuas, kunyit, dan sebagainya), jeruk nipis, serta lemon. Memerlukan rentang waktu hingga 2-3 bulan lebih untuk dapat dipetik. Jumlah produksi sangat tergantung dari jumlah bibit yang disemai dan luas tidaknya media tanam yang ada di rumah.

Jenis bunga

Tak ketinggalan, saat ini sedang tren menanam bunga konsumsi di rumah. Di antaranya ada bunga telang dan rosella yang sekarang digandrungi. Mudah ditanam dan bunganya dapat diseduh dengan air panas. Menghasilkan air yang kemudian disebut teh bunga telang dan teh bunga rosella.

Baca juga: Mengenal Microgreens Si Sayur Kecil Kaya Gizi

Masa tanamnya kira-kira hampir 2 bulan. Cukup lama, namun setelahnya bunga telang dan rosella dapat dipetik setiap hari. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai minum teh di sore hari, sembari mendulang aneka manfaat kesehatan bagi tubuh. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments