27-1

Peran Penting Ayah Dalam Belajar Online

Selama belajar daring di rumah berlangsung, peran orang tua sangat dibutuhkan. Sayangnya, kerap kali peran orang tua di sini tidak optimal. Sebab yang bertugas hanya ibu saja, sementara ayah jarang terlibat. Padahal ayah juga punya peran yang tidak kalah pentingnya.

Sebenarnya tidak mengherankan mengapa ayah menjadi minim berperan selama anak belajar online. Bahkan dulu saat kelas tatap muka masih intens, di mana-mana kehadiran ibu lebih dominan. Perpindahan lokasi belajar ke rumah belum sepenuhnya menghapus peran mayoritas tersebut.

Baca juga: Ayah Single Parent Dalam Mengisi Peran Ibu

Salah satunya dipicu fungsi seorang ayah sebagai kepala keluarga. Di mana mencari nafkah adalah tugas utamanya. Sedangnya tugas domestik rumah tangga dan urusan anak merupakan tanggung jawab ibu. Tidak sedikit akhirnya para ayah tak mengetahui perkembangan edukasi anak atau mengenali bakat minat mereka. Di samping para ibu yang merasa semakin terbebani dengan belajar online ini.

Karenanya, kehadiran ayah diperlukan untuk meminimalisir semua dampak negatif tadi. Sekaligus memupus anggapan bahwa urusan anak tak hanya domain kerja ibu. Namun menjadi urusan bersama. Tinggal mencari cara agar tetap seimbang antara urusan ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Teman diskusi

 

Ketika ayah tidak bisa setiap saat menemani anak belajar lantaran mesti tetap bekerja, baik di rumah atau dari kantor, upayakan tetap menyisakan sedikit waktu bagi mereka. Misalnya di sore atau malam hari. Sebagai teman diskusi, membahas masalah-masalah yang belum selesai, membantu menjelaskan pertanyaan yang belum terjawab, eksplorasi lebih dalam, dan sebagainya.

Selain kehadiran, anak juga akan merasa mendapat perhatian, perspektif yang berbeda, dan pengalaman belajar yang semakin kaya. Apalagi jika ayah ternyata punya keahlian khusus sesuai materi yang sedang digeluti anaknya.

Baca juga: Bentuk Dukungan Ayah Untuk Ibu Menyusui

Bagian finishing

Ayah sangat dibutuhkan dalam bagian finishing. Yakni bagian penyelesaian suatu tugas, yang bentuknya dapat beraneka. Dari menjawab soal-soal di buku, tugas riset, membuat prakarya, serta lainnya.

Peran yang sangat dibutuhkan terutama saat-saat di mana ibu tidak bisa sepenuhnya mendampingi anak. Keterlibatan ayah selain sangat membantu, juga membuat anak percaya bahwa mereka tidak sendiri.

Membantu praktek

Sama halnya ketika ada tugas praktek. Atau mengadaptasi teori di buku ke dalam praktek langsung. Tapi membutuhkan banyak waktu dan alat. Sementara ibu tidak mampu membantu akibat banyak beban yang lain.

Pas rasanya jika ayah dapat memasuki peran kosong ini. Mengambil waktu yang tepat seperti weekend. Supaya praktek bisa dijalani dengan mendalam dan leluasa.

Baca juga: Ayah, Berikan Aku Waktumu

Kontrol emosi

Belajar online anak yang sering menguras emosi, kerap memunculkan reaksi negatif di antara anak dan ibu. Para ayah yang diharapkan lebih tenang dan netral dapat membantu untuk mengontrol emosi kedua belah pihak.

Terkadang cukup menjadi pendengar yang baik untuk istri dan anaknya. Terkadang pula harus segera mengambil keputusan agar suasana belajar online tidak semakin runyam. Atau tanpa diduga ayah perlu memberikan kejutan-kejutan kecil. Seperti membuatkan minuman favorit bagi ibu dan anak menjelang jam belajar tiba. Kejutan kecil sebagai dukungan luar biasa. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments