19

Prediksi Desain Rumah Masa Mendatang

Datangnya Covid-19 telah mengubah banyak hal. Salah satunya mengenai desain rumah yang kelak dianggap ideal. Tak hanya bentuknya, namun juga merambah pada fungsi dan isi di dalamnya.

Apalagi jika tren bekerja dan belajar secara daring masih terus berlanjut. Rumah menjadi pengharapan sebagai tempat yang nyaman dalam menjalankan semua aktivitas. Bahkan tak hanya nyaman, tapi juga aman.

Baca juga: Pergeseran Selera Konsumen Terhadap Properti Saat Pandemi

Aman dalam arti, menggaransi kesehatan bagi seluruh penghuni rumah. Karena belajar dari virus ganas ini, rumah mesti mampu memproteksi tanpa harus membatasi kegiatan dari dunia luar.

Wastafel dan cek suhu di luar

Diprediksi, nantinya banyak rumah akan menyediakan wastafel dan pengecekan suhu di bagian luar. Bagi siapapun yang masuk, khususnya tamu, wajib membasuh tangan dengan sabun dan diukur suhunya. Langkah tepat sebagai antisipasi, ketimbang kecolongan ada virus terbawa masuk ke rumah.

Adanya mudroom

Serta hadirnya kembali mudroom. Ruangan khusus yang ditujukan bagi alat dan berbagai perangkat dari luar untuk segera dilepas atau disterilkan. Idealnya terletak di dekat pintu masuk. Dapat berupa gantungan baju, rak sepatu, meja kecil, atau cukup keranjang ukuran sedang. Sehingga begitu masuk ke ruangan lain, pelapis badan paling luar yang tadinya terpakai sudah diamankan terlebih dulu.

Baca juga: Prediksi Perubahan Kehidupan Sosial Usai Pandemi

Dapur multifungsi

Dapur multifungsi kelak akan lebih diminati. Yakni dapur untuk memasak seperti biasa, juga yang dapat menyimpan stok cadangan makanan dalam jumlah banyak. Lengkap dengan alat penyeduh kopi, tidak ketinggalan desain cantiknya seperti cafe-cafe. Ingin bekerja dari dapur sembari memasak dan menyiapkan minuman favorit pun bisa dilakukan dalam satu waktu.

Ruang terbuka di rumah

Kebutuhan ruang terbuka di rumah pun tak terelakkan. Tujuannya banyak sekali, sehubungan dengan kemungkinan potensi penularan bila terlalu sering keluar rumah. Di antaranya sebagai wahana bermain anak-anak, berolahraga, berkebun, berjemur diri untuk tetap mendapat udara segar dan sinar matahari, serta lain-lain. Lokasinya sendiri dapat di halaman muka rumah, tanah belakang, samping, atau di tengah-tengah rumah.

Bahan-bahan antimikroba

Beberapa barang antimikroba sengaja dipilih sebagai bahan utama. Terutama benda-benda yang sering tersentuh banyak tangan. Seperti gagang pintu, pegangan tangga, kran air, dan sejenisnya.

Bahan antimikroba memiliki sifat intrinsik yang merusak mikroba dengan sendirinya.

Walau tidak disemprot cairan disinfektan berhari-hari. Banyak terdapat pada bahan tembaga, kuningan, dan perunggu.

Kursi antivirus

Barangkali nanti desain sofa dan kursi tidak banyak berubah. Bedanya terletak pada bahannya yang antivirus. Dalam sekejap mampu membunuh virus-virus berbahaya yang menempel. Pada dudukan, area punggung, juga lengan yang ikut disandarkan. Sangat cocok untuk menemani tamu yang datang dari luar. Jadi rumah benar-benar senantiasa aman.

Baca juga: Perlukah Rumah Terlalu Sering Disemprot Cairan Disinfektan?

Kotak penerima

Kelak rumah juga akan memiliki kotak yang terpasang di area depan atau dekat pagar. Fungsinya menerima semua paket yang dikirimkan ke rumah. Bahkan mungki tak sekadar menampung. Tapi juga otomatis mensterilkan karena terpasang sinar filter didalamnya. Tinggal menunggu sejenak dan paket bisa dibuka tanpa rasa was-was tertular. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments