14

Serunya Playdate Virtual Ibu Profesional Tangsel

Dalam rangka memperingati hari jadi Ibu Profesional Tangerang Selatan yang ke-5, komunitas Ibu Profesional (IP) Tangsel mengadakan acara playdate virtual via zoom pada Sabtu (7/11) mulai pukul 10.00-12.00 WIB. Playdate virtual ini mengusung tema “Main dan Aktivitas Bareng” dengan inti acara Read Aloud dan Bebikinan Labirin Kelereng bersama Gajah Petualang.

Acara playdate virtual diikuti kurang lebih 70 anak-anak dari member IP Tangsel dengan rentang usia 3-10 tahun. Hadir pula tamu undangan yaitu para leader Ibu Professional Jabodetabek, ex leader IP Tangsel dari periode 2015-awal Februari 2020, dan juga perwakilan dari pengurus pusat Ibu Professional.

Acara dibuka dengan pembukaan dan doa yang dipimpin oleh host yaitu Lita Sulistya, dilanjutkan dengan persembahan video perjalanan IP Tangsel, kemudian ucapan terimakasih kepada seluruh sponsor yang telah mendukung acara ini. Ada juga video dari para sponsor yang memperkenalkan produknya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan, yang pertama sambutan dari Sekretaris Regional yaitu Widhyanua Sarjana, sambutan dari kapten tim main yaitu Risa Wulandari. Sepatah dua patah kata dalam bentuk video dari Ahdiyati Marwa selaku leader IP Tangsel periode 2015-2018, dari Nani Nurhasanah leader IP Tangsel periode 2018-2019, lalu dari Fitriani Sri Winarsih leader IP Tangsel periode akhir 2019- awal Februari 2020.

Salah satu acara yang ditunggu-tunggu dimulai, yaitu Read Aloud oleh Kak Sagita Nur Pratiwi. Anak-anak antusias sekali mendengarkan serta menyimak cerita yang dibacakan oleh kak Gita, karena ceritanya sangat menarik berjudul Covidbook. Anak-anak diperkenalkan apa itu virus Corona, bagaimana cara penularannya dan bagaimana perasaan anak-anak ketika mengetahui ada virus Corona. Reaksi dari anak-anak sangatlah beragam, dari yang menganggapnya biasa saja, khawatir sampai takut.

Anak-anak juga diminta untuk menggambarkan perasaannya di secarik kertas. Keseruan read Aloud bukan hanya sampai di situ, anak-anak juga diajarkan bagaimana menjaga diri dari penyebaran virus Corona. Mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan yang benar selama dua puluh detik, memakai masker dan tentu saja selalu di rumah saja.

Apakah acara playdate virtual hanya sampai disitu saja? Tentu tidak, karena ada informasi yang tidak kalah penting yaitu pengumuman 10 naskah terbaik imperfect awards yang disampaikan oleh ketua panitia imperfect awards Desy Puspitasari.

Acara dilanjutkan dengan virtual field trip dari pepsodent. Dalam video yang berdurasi kurang lebih 5 menit anak-anak dibawa ke dalam perjalanan bagaimana cara merawat gigi yang benar dan tidak perlu takut ketika akan bertemu dengan dokter gigi. Kemudian dilanjutkan dengan konsultasi dengan drg. Claudia.

Acara selanjutnya, yang paling dinantikan oleh anak-anak, yaitu membuat labirin kelereng bersama gajah petualang yang dipandu Kak Ratna Sari Titin. Alat dan bahan untuk membuat labirin kelereng sangat mudah, cukup menyiapkan kardus ukuran 20×30, 15 sedotan ukuran besar, satu buah kelereng, lem cair, gunting dan juga alat tulis.

Anak-anak yang sudah tidak sabar segera membuat labirin ketika kak Ratna memulai. Ada yang membuat pola labirin terlebih dahulu, ada juga yang langsung menempelkan sedotan. Selain sedotan menggunakan sumpit dan potongan kardus kecil sebagai pengganti sedotan. Yang tidak ada lem cair bisa menggunakan double tape. Wah, sungguh kreatif sekali anak-anak dalam membuat labirin kelereng, memanfaatkan bahan yang tersedia di rumah. Tidak lupa, selama membuat labirin kelereng anak-anak ditemani dengan lagu “layang-layang” agar makin semangat.

Setelah kurang lebih 15 menit, acara selanjutnya adalah pengumuman, yang terdiri dari  peserta paling awal hadir, peserta paling semangat dalam proses pembuatan labirin kelereng, peserta terkompak dalam membuat labirin kelereng bersama ayah dan bunda, peserta terfokus, serta peserta paling lengkap hasil labirin kelerengnya. Meski acara playdate virtual berlangsung dari rumah, tetap saja meriah dan dapat dinikmati seluruh anggota keluarga. (Rina Yuliani)

 

Foto: dok. Ibu Profesional Tangsel

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

Comments

comments