12

Urutan Membersihkan Mobil Usai Dipakai dan Ditumpangi Orang Lain 

Meski pandemi belum selesai, aktivitas keluar rumah kadang terpaksa dilakukan. Mobil pun menjadi transportasi andalan. Sangat penting untuk segera dibersihkan, apalagi ketika ada orang yang menumpang.

Tujuannya jelas untuk menghindari mobil sebagai sumber penularan. Khususnya bagian kabin mobil, juga spot-spot tertentu yang cenderung lebih banyak tersentuh. Ditambah, ada kemungkinan orang yang menumpang berpotensi sebagai carrier. Belum lagi, sirkulasi udara dalam mobil yang terbatas dan tergantung pada AC.

Baca juga: Merawat Mobil Yang Lama Tak Dipakai

Karenanya begitu sampai di rumah, tak usah ditunda. Bersihkan mobil sesegera mungkin. Jika sempat ada jeda, karena ada suatu aktivitas urgen lain, jangan sampai ada orang atau anggota keluarga yang memasuki area mobil.

Plus yang tak kalah pentingnya, jika mobil tidak diperuntukkan sebagai alat ekonomi, maka sebaiknya batasi orang lain yang ingin menumpang. Minta mereka untuk duduk di belakang, agar tercipta jarak aman. Kecuali Anda mengetahui dengan pasti riwayat kesehatannya. Sebab, bagaimanapun selalu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Lindungi tangan dan gunakan masker

Awali dengan memproteksi diri sendiri. Tetap gunakan masker, yang menutup area hidung, mulut, dan dagu dengan sempurna. Sementara tangan terbungkus oleh sarung dari bahan yang kedap air atau punya kemampuan menghalang organisme berukuran mikro. Selama membersihkan mobil, sebisa mungkin hindari menyentuh bagian muka yang merupakan celah masuknya virus.

Baca juga: Tata Krama Memakai Mobil Kantor

Prioritaskan pada semua bagian

Prioritaskan pada semua bagian mobil. Yakni bagian dalam dan luar, namun lebih intensif lagi pada sisi-sisi kabin. Di mana berpotensi sekali tertempel cairan droplet tanpa disadari. Seperti bagian dudukan jok, sandaran punggung dan bagian belakangnya, gagang pintu mobil bagian dalam, permukaan kaca dan tombol pengaturnya, stang, alat kemudi lain, serta interior yang ada.

Lalu lanjutkan pada bagian luar mobil. Terutama pada bagian gagang pintu yang rawan tersentuh siapa saja.

Pakai produk yang sesuai

Layaknya tubuh, bodi mobil juga membutuhkan produk yang sesuai. Untuk membersihkan bagian luar, pemilik bisa memakai sabun khusus cuci mobil. Usapkan secara merata, termasuk bagian kaca spion dan gagang.

Sedangkan di dalam kabin, menggunakan cairan atau tisu disinfektan. Arahkan pada seluruh permukaan, terutama yang sudah tersentuh. Juga bagian bagasi, karpet, tombol audio, AC, dan sebagainya. Setelahnya, biarkan hingga mengering. Anda juga dapat menyemprotkan cairan disinfektan yang biasanya dipakai untuk ruangan.

Demi keamanan yang maksimal, cek kembali kinerja AC. Pastikan masih layak pakai supaya udara mengalir lancar dan virus tidak berputar-putar di dalam mobil.

Baca juga: Ulah Sepele Yang Membuat Mobil Terbakar

Hindari bahan-bahan tertentu

Hindari penggunaan bahan-bahan yang terkenal membersihkan, namun ternyata berbahaya bagi mobil. Di antaranya yang mengandung alkohol, aseton, amoniak, pemutih, dan minyak tanah. Tak hanya merusak, tapi juga mengurangi fungsi layar anti-silau. Pastinya bakal mendatangkan bahaya bagi pengemudi dan penumpang di dalamnya.

Cuci tangan kembali

Akhiri urutan membersihkan mobil dengan mencuci tangan. Lepas sarung tangan yang telah dipakai tadi, dan basuh tangan bersama sabun serta air bersih. Lap hingga kering dan mobil bersih siap dipakai lagi esok hari. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

Comments

comments