26

Memanfaatkan Kembali Minyak Jelantah Di Rumah

Minyak jelantah memang tak baik bagi tubuh dan lingkungan. Namun bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan sama sekali. Minyak bekas goreng ini masih dapat diolah lagi menjadi barang-barang berguna.

Apalagi bila dari rumah, produksi minyak jelantah cukup tinggi. Seperti Anda yang memproduksi usaha kuliner atau punya restoran. Jumlah per liternya tiap hari dapat menjadi masalah tersendiri. Ingin dibuang lewat wastafel atau toilet malah akan menghambat aliran air. Sama halnya dengan got dan sungai yang jelas bukan saluran pembuangan.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Yang Jarang Diketahui

Maka dari itu, tak ada salahnya mencoba dengan mengubahnya sebagai bentuk lain. Siapa tahu dari hasil percobaan, minyak jelantah bisa mendatangkan pemasukan.

Sumber nyala lilin

Jangan khawatir saat listrik mati dan Anda kehabisan lilin atau tak punya lampu emergency. Ambil minyak bekas ini secukupnya ke dalam kaleng atau gelas. Rendam kapas yang sebelumnya sudah dipadatkan. Setelah itu bagian ujung kapas dibakar dan sebagian besar lainnya tetap terendam.

Bahan sabun cuci

Minyak jelantah juga dapat dipakai untuk membuat sabun cuci tangan dan cuci baju. Tinggal menambahkan bahan soda api, jahe, jeruk nipis, daun binahong, air. Termasuk cetakan agar hasilnya berbentuk bagus.

Namun untuk detail prosesnya, cari info lebih lanjut. Sebab pencampuran antara soda api dan air yang tidak tepat bisa menimbulkan percikan ledakan.

Membuat aromaterapi

Minyak jelantah pernah diteliti sebagai bahan aromaterapi. Setelah melalui proses penjernihan, minyak dapat dicampur dengan aroma yang diinginkan. Letakkan di wadah yang mendukung. Hasilnya bisa untuk menemani relaksasi, atau sangat cocok ditambahkan ke tahap pembuatan nyala lilin dan sabun cuci tadi.

Baca juga: Lebih Cantik Dengan Minyak

Untuk mengepel lantai

Tak disangka pula jika minyak jelantah cocok untuk mengepel lantai. Caranya lumayan panjang, tapi hasilnya mengagumkan. Yakni mulai dari tahap penjernihan, tahap pembuatan karbol, hingga kemudian tahap pengemasan. Sebelum pengemasan, bisa juga ditambahkan bahan pewangi supaya cairan pel makin nyaman digunakan.

Menyuburkan tanaman

Manfaat lainnya adalah menyuburkan tanaman. Tepatnya ideal untuk sayur-sayuran dan buah-buahan. Diolah untuk menghasilkan karbol yang nantinya disemprotkan pada bagian daun tanaman. Akan tetapi, prosesnya cukup rumit dan panjang. Serta dalam pemakaian, ada aturan durasi penyemprotan. Sebab terlalu sering memberikannya ke tanaman, struktur minyak jelantah akan menutupi pori-pori pernapasan yang ada di daun.

Pakan ternak

Minyak bekas goreng bisa diubah sebagai bahan tambahan pakan ternak, khususnya unggas. Ada baiknya bagi yang ingin mencoba, ikut pelatihan dulu dari pakarnya. Mengingat minyak jelantah mesti diolah dengan rangkaian yang lumayan panjang. Agar tidak ada lagi bahan karsinogenik yang membahayakan hewan ternak.

Baca juga: Kenali Bahan Bakar Agar Mesin Mobil Lebih Mulus

Bahan bakar biodiesel

Di samping itu, minyak jelantah dapat berganti rupa menjadi bahan bakar biodiesel. Lantaran kandungan airnya kurang dari satu persen, sehingga cocok sebagai minyak alternatif. Dalam proses pembuatan, minyak jelantah akan dialiri listrik hingga terpisah menjadi dua lapisan. Lapisan yang keruh disebut gliserol, dan yang jernih dinamai biodiesel. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments