15-3

Persiapan Sebelum Mengajak Orang Tua Tinggal Bersama

Sepertinya mudah saja mengajak orang tua untuk tinggal bersama. Padahal ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Baik untuk Anda dan tentunya bagi orang tua. Apa saja?

Contohnya adalah persetujuan dari orang tua itu sendiri. Mau ikut dengan sukacita tanpa merasa terbebani. Sehingga sewaktu-waktu tidak minta pulang tanpa diduga. Apalagi mendadak, sementara pulang ke tempat asal yang tempatnya cukup jauh membutuhkan sekian waktu dan dana yang tidak sedikit.

Baca juga: Rumah Ideal Bagi Orang Tua

Maka dari itu, persiapan yang matang fungsinya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tadi. Juga mengantisipasi masalah-masalah yang kemungkinan akan timbul seiring dengan kehadiran orang tua.

Terlebih ada alasan khusus membawa orang tua tinggal serumah. Misalnya karena sendirian dan sakit keras. Kehadiran anak pasti sangat dibutuhkan. Sama halnya dengan waktu, tenaga, dan biaya. Lagi-lagi sekilas terlihat biasa. Namun lebih baik menyiapkan segala langkah antisipasi, daripada di belakang hari ada konflik yang sukar diurai.

Persetujuan dari anggota keluarga

Mulai dari persetujuan dari anggota keluarga. Khususnya pasangan dan anak. Bicarakan keinginan tentang mengajak orang tua tinggal bersama. Jabarkan alasan yang ada, mengapa, dan apa pentingnya. Minta pengertian mereka untuk menyetujui dan menerima sepenuh hati kehadiran orang tua.

Mengapa persetujuan ini begitu penting? Agar semuanya benar-benar nyaman.

Salah satu merasa tidak ada yang diabaikan. Orang tua sebagai pendatang baru di rumah merasa diterima dengan hati terbuka. Anak dan pasangan tetap mendapat hak dan kewajiban sebagaimana biasanya.

Membuat kesepakatan

Guna menghindari konflik, membuat kesepakatan dapat menjadi jalan keluar. Saling kompromi untuk menengahi ego yang mendominasi. Seperti bantuan apa yang boleh diberikan pada orang tua, sejauh mana orang tua boleh ikut mengatur urusan domestik rumah tangga, bagaimana bila orang tua sakit, tidak menyukai makanan di rumah, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Diplomasi Generasi Sandwich Saat Menolak Paksaan Orang Tua

Buka diskusi terbuka bersama orang tua. Intinya membuat mereka mengerti tentang keinginan anak dan keluarga kecilnya. Serta untuk menggali keinginan orang tua saat tinggal bersama.

Ada ruang

Ada baiknya orang tua memiliki ruang sendiri. Kamar tidur yang memang sudah dipersiapkan untuknya. Sebagai tempat istirahat dan bila sedang ingin sendiri. Sehingga tak terusik atau malah mengganggu anggota keluarga lain. Perhatikan mengenai lokasinya, misalnya di lantai dasar, supaya tak perlu sering naik turun tangga.

Fasilitas yang memudahkan

 

Fasilitas yang memudahkan biasanya akan membuat orang tua betah tinggal di rumah. Seperti kamar mandi dalam yang aman dan bersih. Juga hiburan yang tersedia, kelengkapan alat masak bagi yang suka menghabiskan waktu di dapur, akses ke tempat ibadah, serta lainnya.

Baca juga: Memberitahu Anak Saat Orang Tua Sakit Keras

Agenda pribadi dan bersama

Susun agenda yang perlu dijalani pribadi, dan mana yang perlu dilakukan bersama.

Sebab adakalanya orang tua membutuhkan liburan bersama sekeluarga. Tapi di lain waktu, Anda atau pasangan perlu pergi sendiri untuk melampiaskan emosi. Sesuaikan dengan jadwal libur sekolah anak atau kerja. Tak selamanya orang tua selalu menduduki prioritas. Ingat ada kebutuhan diri sendiri, pasangan, dan anak-anak yang juga sama pentingnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments