14

Jeli Menyeleksi Jasa Ekspedisi

Jasa pengiriman barang semakin dibutuhkan. Sehubungan adanya tren untuk tetap di rumah saja, sehingga mengubah kebiasaan masyarakat bertransaksi. Namun, jangan salah pilih. Pilah mana jasa ekspedisi yang memang kredibel dan kompeten.

Apalagi sekarang banyak usaha ekspedisi baru bermunculan. Menawarkan berbagai promo dan kemudahan. Contohnya mengirim barang ke kota lain, kini bisa sampai hanya dalam satu hari. Dengan banderol harga yang terjangkau. Lantaran persaingan bisnis yang semakin ketat di tengah-tengah pandemi ini.

Baca juga: Jenis Usaha Yang Diperkirakan Akan Terus Bersinar

Tentu dalam satu sisi, berbagai penawaran akan menguntungkan calon konsumen. Tetapi sangat penting pula memperhatikan faktor-faktor lainnya. Khususnya bila Anda ingin mengirim barang dalam jumlah besar atau yang membutuhkan perlakuan khusus. Di samping pastinya ingin barang sampai dengan cepat dan selamat. Dalam arti, masih utuh seperti sedia kala.

Jika masih bingung dan ragu untuk memilih yang mana, coba buka referensinya lewat internet. Baca ulasan dari konsumen yang tertera, berikut iming-iming dari jasa ekspedisi yang disebutkan dalam lamannya. Jadi begitu menyerahkan barang, Anda sudah yakin dan barang sampai dengan aman.

Estimasi waktu pengiriman

Masing-masing perusahaan jasa ekspedisi memiliki target waktu pengiriman barang. Untuk areal dalam kota, antar kota, hingga luar pulau. Anda dapat menggunakan patokan ini untuk menjatuhkan pilihan. Terutama bila barang harus cepat sampai di tempat tujuan.

Harga yang rasional

Ada harga ada rupa. Biasanya untuk pengiriman ekspres atau super cepat, maka harga jasa juga semakin mahal.

Demikian pula sebaliknya. Harga jasa juga tidak terlepas dari berat barang dan jarak yang dibutuhkan. Jadi, jangan terkecoh dengan harga yang miring. Sebab belum tentu menjamin fisik barang dan waktu sampainya.

Baca juga: Tren Baru Bisnis Kuliner Saat Pandemi

Variasi pengiriman

Ada baiknya Anda memilih jasa ekspedisi yang mempunyai daya di darat, laut, dan udara. Andai sewaktu-waktu terjadi hambatan di darat atau laut, karena bencana alam misalnya, kurir masih bisa menempuh opsi yang lain. Tidak sedikit sekarang yang menggandeng jasa ojek online. Pilihan untuk barang ringan untuk pengiriman dalam kota. Dalam hitungan menit barang bisa diserahkan ke tangan yang baru.

Luas jangkauan

Pertimbangkan juga tentang luas jangkauannya. Tidak semua jasa ekspedisi mau mengantar barang langsung ke depan pintu rumah yang dituju. Atau menjamah sampai daerah-daerah pelosok. Sehingga mesti mengambil sendiri di agen-agen terdekat.

Garansi kondisi barang

Yang tidak kalah urgen dari jasa ekspedisi ialah jaminannya terhadap barang yang dikirim.

Sebisa mungkin memberikan kepastian barang dalam kondisi baik dan ada mekanisme yang jelas bila terjadi kerusakan.

Minimal konsumen dapat mengetahui bagaimana alur yang ditempuh jika barang rusak atau hilang, sampai mendapat kompensasi yang sesuai.

Baca juga: Membuat Relasi Bisnis Makin Erat

Fitur tracking

Kategori jasa ekspedisi yang baik sekarang punya fitur tracking. Membantu konsumen mengawasi barangnya sudah ada di mana. Tinggal memasukkan nomor resi pengiriman, dan barang dapat dipantau seperti mengantarkannya sendiri. Bila terjadi sesuatu atau terlambat dari waktu ketentuan, Anda juga mudah memberikan penjelasan pada konsumen. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments