04

Tips Menyeduh Kopi Ala Cafe Di Rumah

Sudah kangen berat untuk nongkrong di cafe sambil menyesap kopi nikmatnya? Jangan sedih, buat sendiri saja di rumah. Menyeduh kopi dengan teknik yang biasanya menjadi rahasia para barista.

Tinggal menyiapkan alat-alatnya. Biasanya sudah dijual dalam satu paket. Ada yang perlu dimasak di atas kompor, ada yang dihubungkan dengan colokan listrik, ada pula yang cara kerjanya cukup manual saja. Tergantung dari merk alat penyeduh kopi. Paling-paling pencinta kopi di rumah perlu menambahkan kertas saring atau tambahan alat lainnya.

Baca juga: Plus Minus Minum Kopi Bagi Tubuh

Serta yang tak kalah penting adalah bahan utama. Yakni kopi itu sendiri. Jenisnya amat beragam. Kini juga banyak dijual dengan daring. Sehingga kian memudahkan untuk menjadi “barista” di rumah. Selain itu, perhatikan pemakaian tambahan gula, susu, dan krim. Tiap takarannya ikut menentukan hasil akhir rasa kopi. Plus, hati-hati agar tidak berlebihan dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Pemilihan biji kopi

Sebelum memulai, homebrewers dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan biji atau bubuk kopi. Meski sama-sama kopi, keduanya akan menghasilkan rasa yang berbeda. Sebab kopi yang sudah terkemas dalam bubuk lebih mudah berinteraksi dengan oksigen. Bila sudah terjadi proses oksidasi, kemungkinan besar bubuk kopi tidak fresh lagi saat diseduh.

Akan tetapi tak boleh asal juga memilih biji kopi. Lihat kembali kapan biji kopi di-roasting.  Minimal ada jeda atau resting selama satu hingga tiga hari setelah melewati roasting.

Saat grind size

Ketika peracik memilih bahan berupa biji kopi, tahap selanjutnya adalah menggiling. Anda bisa menggunakan alat untuk menghaluskan biji-biji hitam kecoklatan ini.

Tekstur akhir tergantung keinginan pribadi. Dari yang kasar sampai yang halus sekali, mirip tepung.

Walau terserah, ada baiknya untuk Anda sebagai pemula dan meracik sendiri di rumah, disarankan tahap medium-coarse. Rentangnya antara kasar dan halus. Mirip pasir pantai atau garam laut. Terasa butiran-butiran dari yang besar hingga kecil.

Baca juga: Kopi Asal Indonesia Yang Jadi Idola Dunia

Rasio air dan kopi

Rasa kopi terbaik juga ditentukan oleh banyak sedikitnya air. Karenanya harus menerapkan paduan yang pas. Menurut Standard Speciality Coffee Association (SCA), rasio yang ideal ada pada angka 1:15 hingga 1:18.

Apa arti dari skala perbandingan tersebut? Ialah setiap 1 gram kopi membutuhkan 15 sampai 18 gram air.

Suhu air yang sesuai

Berikutnya masuk dalam fase suhu air. Temperatur air yang direkomendasikan ada di rentang 90-95 derajat. Kurang atau lebih dari ukuran yang disarankan akan menghasilkan rasa yang kurang. Bila khawatir tidak mendapat suhu terbaik, Anda bisa memakai termometer guna memastikan.

Terasa repot? Anggap saja ini sebagai proses latihan menjadi barista sungguhan.

Baca juga: Perlu Diperhatikan Saat Merintis Bisnis Kedai Kopi 

Tepat pada waktu

Langkah terakhir menyiapkan kopi ala cafe di rumah adalah brewing time. Dipengaruhi pula oleh alat-alat yang digunakan. Mengingat ada banyak sekali jenis alat brewing yang beredar di pasaran. Contohnya teknik pour dengan merk V6o atau Chemex. Idealnya kopi diseduh selama 2 sampai 3 menit. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments