20

Karya Fenomenal Dari Agatha Christie

Penulis novel misteri Agatha Christie mewariskan banyak karya fenomenal. Tanggal 15 September lalu diperingati sebagai 100 tahun Agatha Christie berkarya, juga bertepatan dengan tanggal lahirnya. Kurang lebih sebanyak 80 novel detektif, sekian skenario drama panggung, dan kisah roman yang masih dinikmati hingga sekarang. Sebagian diidolakan dan dianggap begitu fenomenal.

Lewat kinerja detektif ciptaannya, Hercule Poirot, Miss Marple, serta tokoh-tokoh lainnya, Christie menghadirkan kisah yang sangat mengagumkan. Kental dengan nuansa Inggris awal tahun 1900. Di antaranya kehidupan para bangsawan, jam minum teh, jadwal kereta api, cara pembagian warisan, dan sebagainya. Juga mengangkat sisi psikologis manusia sebagai kajian utamanya.

Baca juga: Referensi Film Keluarga Yang Asyik Ditonton Bersama

Semuanya ini tak terlepas dari latar belakangnya. Di mana Dame Agatha sendiri berasal dari kalangan ningrat, pernah bekerja sebagai apoteker pada Perang Dunia I, serta mengikuti jejak suami yang berprofesi sebagai arkeolog di Timur Tengah. Tak aneh, jika dalam banyak kisahnya, paduan antara racun dan pengetahuan mengenai negeri padang pasir ditulis dengan sangat baik.

The Murder Of Roger Ackroyd

Pada 2013 atau setelah 87 tahun terbitnya, The Murder Of Roger Ackroyd dinobatkan sebagai novel kriminal terbaik sepanjang masa oleh Asosiasi Penulis Kriminal Inggris. Betapa tidak, sedari awal pembaca dibuat kesulitan untuk menebak siapa pelaku sebenarnya. Masing-masing tokoh memiliki motif membunuh. Dan di akhir cerita, kecermelangan Christie terlihat dari sosok Hercule Poirot untuk mengungkap dan memperlakukan pembunuh. Bagian terakhir yang sangat menentukan sekaligus menegangkan.

Crooked House

Diterjemahkan dengan judul Buku Catatan Josephine. Berkisah tentang keluarga Leonides yang tampaknya bahagia, namun ternyata ada satu pembunuh berbahaya. Sosok yang tak diduga mampu melakukan serangkaian pembunuhan berencana tanpa belas kasihan. Konon, Christie sendiri mendapat banyak pujian dan ungkapan miris dengan novelnya ini.

Baca juga: Cegah Kriminalitas Saat Macet

And Then Were None

Tak hanya misterius, novel ini juga seram. Sayangnya sulit untuk berhenti. Apalagi jika bukan karena kelihaian Christie mengelola konflik diantara sepuluh orang yang tak dikenal dan satu diantaranya adalah pembunuh berbahaya. Terkungkung bersama, tak bisa dikeluar, dan masing-masing mesti menyelamatkan diri sendiri tanpa berharap pada yang lain.

ABC Murder

Satu lagi yang fenomenal, berjudul ABC Murder. Pembunuh berusaha menantang Hercule Poirot dengan sederet pembunuhan yang kejam. Ternyata di balik itu semua, permasalahannya hanya sederhana dan sebatas menutupi kedok. Pun orang yang dicurigai selama ini hanya menjadi kambing hitam belaka.

Murder On The Orient Express

Novel ini telah diangkat beberapa kali dalam layar lebar. Kali ini Poirot benar-benar dihadapkan pada ketajaman intuisi dan sel-sel kelabunya. Cerita yang begitu pelik. Bahkan serasa mengajak pembaca untuk berpikir bagaimana memperlakukan orang yang pernah berbuat begitu kejam pada kita di masa lalu.

Baca juga: Jurus Tetap Aman Saat Terjebak Kerusuhan Massa

4.50 From Paddington

Sementara di 4.50 From Paddington, lagi-lagi Christie menunjukkan kebolehannya dalam perkara kriminal. Lewat Miss Marple yang bekerja dalam diam namun sukses membongkar kasus kejahatan. Dari hal-hal sepele yang dilewatkan banyak orang, dari kekuatan pikiran, mempelajari tingkah laku manusia, juga sekian rencana yang matang. Hingga kemudian pelaku muncul dan tak mampu berkutik lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik, istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments