15-2

Jangan Terkecoh, Kenali Mitos dan Fakta Seputar Laktasi

Setiap wanita dewasa dan sudah menikah tentu bermimpi ingin memiliki buah hati. Melalui proses hamil, melahirkan, hingga menyusui membuat mereka merasakan kodratnya sebagai wanita. Sungguh merupakan perjalanan hidup yang luar biasa bagi seorang ibu. Fase-fase tersebut dilalui dengan penuh perjuangan. Dukungan dari keluarga terdekat, suami, kerabat, juga asupan nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan oleh para ibu.

Sebagai orang tua, memiliki anak dengan tumbuh kembang yang sempurna adalah sebuah impian. Setidaknya itu bisa tergambar jelas pada saat kita balita. Orang tua kita tentu dengan segala daya upaya berusaha memberikan asupan makanan yang sehat, seperti sayur mayur, buah-buahan, protein yang cukup, dan lainnya. Selain itu, asupan nutrisi juga bisa didapatkan dari ASI. Melalui ASI yang berkualitas, segala kebutuhan nutrisi sang bayi dapat terpenuhi. Itulah mengapa muncul istilah “ASI eksklusif”. ASI eksklusif merupakan pemberian ASI sedini dan sebanyak mungkin sejak bayi dilahirkan hingga berusia 6 bulan tanpa tambahan cairan atau makanan apapun. Namun, perlu menjadi perhatian sang ibu untuk senantiasa menjaga kualitas ASI nya yaitu dengan menjaga pola makan sehat, kondisi fisiologis, serta kondisi mental.

Keterbatasan informasi dan referensi yang dimiliki sang ibu terutama ibu muda yang baru pertama kali merasakan proses melahirkan tentu akan mempersulit dirinya dalam memberikan asupan ASI terbaik bagi buah hatinya. Informasi yang didapat dari teman, keluarga, dan internet seringkali berbeda satu sama lain.

Hal ini membuat banyak ibu yang salah langkah dalam mencerna informasi tersebut dan dapat berdampak terhadap kualitas ASI yang dihasilkan.

Oleh karenanya penting untuk ibu dapat memilah informasi yang didapat agar tidak terkecoh dan mendapat informasi yang keliru. Disarankan pula konsultasi dengan dokter atau konselor laktasi yang memang ahli dalam bidang tersebut.

Dalam rangka menyadarkan masyarakat untuk mengenal mitos dan fakta seputar laktasi, Titan Center bekerja sama dengan RSIA Bina Medika Bintaro menyelenggarakan Webinar yang berjudul “A-Z Seputar Laktasi, Mitos dan Fakta Seputar ASI dan Menyusui”. Acara ini akan dilangsungkan pada Kamis, 17 September 2020, disiarkan langsung melalui Zoom. Narasumber dalam Webinar tersebut Ibu dr. Sara Elise Wijono, Konselor Laktasi dari RSIA Bina Medika Bintaro. Pada Webinar tersebut nantinya Ibu dr. Sara Elise Wijono akan memberikan pemaparannya tentang mitos dan fakta seputar laktasi serta kiat dan tips dalam memproduksi ASI yang berkualitas. Catatan: Narahubung – 0813 8000 8300 (Titan Center). (ADV)

 

Foto: dok. Titan Center, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

comments