14-1

Langkah Aman Dan Untung Menabung Emas

Harga emas melambung tinggi saat pandemi seperti sekarang ini. Nilainya bahkan sempat menyentuh sekitar Rp 1 juta per gramnya. Menggiurkan. Emas memang masih dianggap tabungan yang menguntungkan. Juga jawaban tepat untuk masa-masa yang serba tidak menentu seperti sekarang. Tapi jangan lupakan tentang langkah menabung emas yang tepat. Supaya tidak berujung pada kerugian.

Karena seringkali seseorang membeli emas lantaran tergiur oleh sifat emas yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Nilainya dari tahun ke tahun terus naik, sebaliknya jarang mengalami penurunan harga secara signifikan. Serta mudah diuangkan kapan saja. Sehingga mengabaikan faktor-faktor lain yang sebenarnya punya andil besar.

Baca juga: Jeli Membeli Emas Agar Selalu Untung

Kerugian baru akan terasa ketika emas dicairkan nanti. Seperti nilai jual tidak sesuai harapan atau total emas yang tersimpan tidak mampu memenuhi keinginan yang telah lama diimpikan. Seolah tak ada bedanya dengan menabung uang tunai pada umumnya.

Kemurniannya

 

Maka awali dengan lebih teliti saat membeli. Dapatkan produk emas yang memang terjaga kemurniannya. Tidak bercampur dengan bahan lain, yang mana berpotensi menurunkan harga jual. Pilih tempat pembelian yang memiliki kredibilitas. Misalnya Antam dan Pegadaian.

Selain tergaransi asli, emas (batangan) yang dijual lengkap dengan surat legal dan nomor seri.

Akan dijual di mana saja, emas terakui untuk dicairkan dengan harga jual yang berlaku saat itu.

Tujuan menabung

Untung menabung emas juga didapat dari tujuannya. Tetapkan sedari awal, meski diniatkan hanya sekadar jaga-jaga dari kondisi ketidakpastian ekonomi. Cara ini akan memagari niat coba-coba menggunakan tabungan emas demi keperluan yang tidak bersifat urgen.

Baca juga: Bentuk Tabungan Untuk Finansial Aman Bila Terjadi Resesi

Punya tempat penyimpanan

Kepastian di mana Anda akan menyimpan turut menentukan. Sudah pasti saat emas hilang, rugi akan datang. Jadi, pikir masak-masak untuk menyimpan emas di save deposit box di rumah, dapat pula dengan menitipkannya di bank atau tempat dimana ia dibeli. Terpenting emas tetap utuh hingga benar-benar diuangkan kelak.

Paham soal harga

Jangan terburu-buru saat ingin membeli. Pahami dan pantau terlebih dulu mengenai harga yang sedang dipatok. Tujuannya jelas untuk mendapat harga terbaik. Beserta risiko yang paling kecil. Sebab, adakalanya harga terendah bukan opsi terbaik. Mungkin lokasi pembelian yang jauh tak sebanding dengan uang transportasi yang mesti dikeluarkan. Sementara ada emas yang dijual dengan harga lebih tinggi dengan penawaran berbagai kemudahan. Paling tidak dalam sisi harga, penjualan emas masih menyisakan selisih yang menggiurkan.

Memilih produk tabungan

Menabung emas sekarang tak harus konvensional.

Artinya, emas tak harus tergenggam fisiknya. Ada beberapa cara menabung yang aman dan tetap menguntungkan.

Misalnya mengikuti produk di bank atau lembaga keuangan lain dengan menyetorkan sejumlah uang tertentu. Uang akan dikonversi dalam bentuk emas. Nantinya tabungan dapat diperoleh tetap dalam bentuk emas atau uang tunai.

Baca juga: Keuntungan Berinvestasi Emas

Hati-hati saat investasi

Tak selamanya investasi dengan emas berbuah manis. Waspada dengan bentuk yang Anda diinginkan. Bila tak sepenuhnya memahami, cari tahu dulu info sebanyak-banyaknya. Terutama yang menyebutkan aturan bahwa emas yang Anda tanam akan digadaikan ke pihak lain dan tidak pasti kapan emas kembali. Hindari dan tutup celah unsur penipuan yang dapat mengenai diri sendiri. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments