11

Tepat Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Cemas atau anxiety tidak selamanya buruk. Tapi mengkhawatirkan jika sudah berlebihan. Di mana cemas jadi amat mengganggu. Bagaimana mengatasinya?

Secara umum, rasa cemas yang berlebihan dapat dikenali dari gejalanya. Di antaranya mudah khawatir atau takut tanpa ada alasan, panik, muncul keringat dingin, otot kaku dan tegang, dada berdebar-debar, dan sulit konsentrasi. Biasanya akan berlangsung lama dan tidak dapat hilang begitu saja. Penderita kerap dibuat tak berdaya, orang-orang di sekitarnya pun kerap ketiban dampaknya.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental Selama Corona Melanda

Tipenya sendiri dibedakan menjadi beberapa. Ada yang disebut gangguan kecemasan umum, serangan panik, fobia, gangguan kecemasan sosial, gangguan stres pascatrauma, serta gangguan obsesif kompulsif. Masing-masing mempunyai objek kecemasan yang berbeda, di mana sering dibarengi oleh reaksi atas sikap cemas yang beragam pula. Sementara penyebabnya diduga terpicu oleh faktor genetik, stres yang berkepanjangan, juga trauma psikologis sedari kecil.

Konsultasi ke ahli

Mengingat tak bisa hilang sendiri, maka untuk mengatasinya sangat memerlukan bantuan psikolog atau psikiater. Para ahli ini akan siap menampung segala keluh kesah, cerita, dan derita. Berikut teknik terapi dan tahapan pengobatan yang paling tepat untuk dijalani. Sekaligus mencari tahu sumber penyebab mengapa cemas berlebihan bisa datang.

Bantuan obat

Tidak jarang, jalan keluar ditempuh dengan konsumsi obat. Sejenis obat penenang dan antidepresan. Namun jangan minum yang sembarangan. Pastikan Anda yang sedang merasakan cemas berlebihan mendapatkan resepnya dari ahli resmi, seperti dokter atau psikiater. Sebab tidak sedikit obat penenang yang meninggalkan efek panjang bagi kesehatan dan membuat ketergantungan.

Baca juga: Tak Perlu Cemas Saat Terpaksa Jadi Single Parent

Bertukar pikiran

Cari orang terpercaya untuk bertukar pikiran.

Khususnya bagi Anda yang kurang nyaman menceritakan masalah kecemasan pada orang yang baru ditemui. Luapkan semua kecemasan yang Anda rasa. Mungkin teman yang mendengar tidak bisa memberikan jalan keluar sebaik para psikiater handal. Akan tetapi dengan menumpahkan segala emosi yang dirasa, itu bisa menjadi solusi untuk mengurangi rasa cemas yang ada. Kemudian terasa lebih lega, pikiran lebih tenang, dan lebih stabil.

Tidur lebih lama dan berkualitas

Jika biasanya penderita cemas berlebihan tidak terlalu memperdulikan jam tidurnya, kini saatnya lebih memprioritaskan. Ambil jam tidur yang lebih panjang, dan upayakan berkualitas. Tidak ada distraksi yang mengganggu. Bahkan bila perlu, minta bantuan pada orang lain untuk mengambil alih pekerjaan misalnya. Dengan tidur, badan dan pikiran turut istirahat. Bangun jadi lebih segar.

Lebih banyak gerak fisik

Buang segala kecemasan melalui gerak fisik.

Olahraga teratur setiap hari, mulai dari gerak yang ringan namun membawa kesenangan.

Contohnya bersepeda, berenang, atau jalan santai. Tambahkan sesekali dengan gerakan yoga dan meditasi. Mendatangkan rileks, enjoy, dan membiarkan pikiran mulai belajar lebih tenang menghadapi objek yang selama ini ditakuti.

Baca juga: Gangguan Mental Terkini Karena Media Sosial

Jauhi minuman tertentu

Di samping itu, jauhi menu tertentu yang dapat merangsang datangnya kecemasan. Seperti minuman berkafein, alkohol, dan rokok. Sebagai ganti, perbanyak air mineral, sayuran hijau, dan buah-buahan. Olah dengan benar untuk mendapat hasil yang maksimal. Sebab tubuh yang bugar mampu meningkatkan percaya diri dan mengusiir kecemasan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments