03

Apa Sebaiknya yang Dilakukan Bila Mobil Dilempar Batu  di Jalan Tol

Pelemparan batu pada mobil di tol sempat membuat heboh dan khawatir warga. Pelaku telah tertangkap, namun bukan berarti tidak akan ada orang iseng lain yang mencontohnya. Pemilik dan pengendara harus tetap waspada. Memang sulit untuk menghindarinya. Bila terkena, lakukan upaya terbaik untuk penyelamatan diri.

Sebab seringkali akibatnya tidak main-main. Batu yang mengenai kaca depan atau bagian bodi mobil menimbulkan cedera parah hingga dampak yang fatal. Bahkan saat tidak mengenai pengemudi pun, lemparan batu kerap membuat syok. Lantas bukan tidak mungkin, dari yang tadinya bisa menyetir dengan tenang bisa berubah panik. Lalu akhirnya berujung ke bahaya lain.

Baca juga: Persiapan Memasuki Jalan Tol Untuk Rute Yang Panjang

Karenanya ada beberapa saran guna mengantisipasi pelemparan. Saat mendekati jembatan penyeberangan, pilih jalur paling lambat dengan kecepatan rendah. Kecepatan tinggi kian melipatgandakan benturan andai batu benar-benar mengenai mobil. Lakukan scan mata untuk melihat kemungkinan adanya satu dua orang atau kerumunan di atas jembatan.

Begitu menyadari ada potensi membahayakan, buat gerakan zig zag untuk menjauhi arah datangnya batu. Namun tetap hati-hati, supaya tidak merugikan pengguna jalan lainnya.

Perlambat kecepatan

Bila batu sampai mengenai sisi tertentu pada mobil, segera perlambat kecepatan tapi jangan berhenti. Plus tetap tenangkan diri. Cara tersebut sebagai metode menenangkan diri dan menjaga kemudi tetap stabil.

Singkirkan pecahan

Saat kecepatan sudah mereda dan masih dalam kondisi menyetir, segera bersihkan pecahan atau barang-barang yang menghalangi pandangan. Anda juga dapat meminta penumpang lain untuk membantu. Termasuk membersihkan luka secepatnya di tubuh karena pecahan kaca atau benturan langsung dari batu.  

Baca juga: Modus Kriminal Yang Sering Diarahkan Ke Pengendara Mobil

Nyalakan lampu hazard

Nyalakan lampu hazard. Lampu ini memang difungsikan sebagai alarm bahaya. Dalam situasi kritis seperti pelemparan batu, lampu hazard akan mengundang perhatian dari pengendara lain. Sehingga mereka juga lebih waspada terhadap bahaya yang sama. Sekaligus mempercepat bantuan datang. Misalnya sama-sama mengawal di jalan hingga Anda mendapat pertolongan lebih lanjut.

Jangan berhenti di tempat sepi

Jangan pernah berhenti saat mobil terkena lemparan batu. Khususnya di tempat sepi. Kita tidak pernah tahu alasan pelemparan dilatarbelakangi oleh perbuatan iseng atau lebih dari itu. Seperti adanya gerombolan lain yang akan mengikuti mobil dan melancarkan aksi kriminal begitu Anda menghentikan mobil.

Pilih tempat ramai jika Anda ingin melihat sejenak bagaimana kondisi mobil. Contohnya rest area.

Setidaknya di sana ada fasilitas untuk membantu dan membuat oknum tertentu berpikir ulang bila ingin berbuat nekat.

Segera hubungi pos keamanan

Segera hubungi pos keamanan terdekat. Dapat pula dengan menghubungi nomor-nomor darurat. Dengan mengabarkan, petugas dapat secepatnya melakukan pelacakan di mana keberadaan pelaku. Kasus lekas teratasi, di samping mencegah timbulnya kejadian-kejadian serupa. Pada tahap ini, Anda tak hanya mengupayakan bala bantuan diri sendiri, namun juga mencegah bencana bagi orang lain.

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Asuransi Mobil

Jika ada batu di jalan

Kelak, saat Anda tidak terkena lemparan tapi menyadari adanya batu-batu di jalan tol, hati-hati ketika menghindar. Gerakan zig zag yang Anda lakukan kadang dapat mengejutkan mobil-mobil yang lain. Lihat posisi kanan dan kiri sebelum benar-benar memutar stang kemudi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments