15

Referensi Film Bermutu Tentang Perempuan

Kisah kehidupan perempuan tak pernah habis untuk digali. Beberapa kisah begitu bermakna sehingga layak diangkat ke layar perak. Film-film ini sangat seru ditonton saat akhir pekan.

Selain bisa menambah wawasan, film-film ini juga meninggalkan kesan yang mendalam. Film-film berkualitas ini bisa Anda tonton bersama putri remaja Anda. Karena diangkat dari kisah nyata kehidupan para perempuan. Memberi gambaran kekerasan yang bisa terjadi di sekitar kita, sehingga perempuan harus tetap waspada.

Baca juga: Pekerjaan Perempuan Yang Luar Biasa Di Sekitar Kita

Cerita kekerasan pada perempuan sangat beragam. Sebagian difilmkan sebagai pengingat dan bentuk penghormatan pada mereka yang telah menjadi korban. Perempuan memang kerap tersudutkan, namun di sisi lain juga mereka juga sosok tangguh tak terkalahkan.

Veronica Guerin (2007)

Foto: Wikipedia

Veronica Guerin berprofesi sebagai wartawan sebuah koran di Irlandia. Kala itu ia getol dan bergelut melakukan investigasi atas merebaknya kasus narkotika. Sebagai ibu dari satu putera, ia harus memikirkan keselamatan diri serta keluarga dari ancaman para gembong narkoba.

Saat hasil investigasinya mulai merebak, ia ditembak dengan brutal dari samping kaca di perhentian lampu merah. Pelakunya belum ditemukan. Namun dari kematiannya, Irlandia mulai menerapkan hukum keras dan menghantam para pelaku yang terlibat narkotika.

The Help (2011)

Foto: imbd.com

Film ini berlatar belakang Amerika tahun 60-an. Berkisah di balik munculnya sebuah buku berjudul The Help. Berisi kisah para asisten rumah tangga yang kala itu identik dengan perempuan berkulit hitam atau keturunan Afro-Amerika. Selain harus bekerja keras, jam kerja yang panjang, upah yang sedikit, tekanan dari ras kulit putih, mereka juga mengalami kekerasan dalam banyak bentuk. Tak terkecuali kekerasan dalam rumah tangga maupun oleh pihak keamanan.

Bombshell (2019)

Foto: goldposter.com

Bombshell merupakan kisah nyata perjuangan menjatuhkan sosok besar yang menaungi jaringan berita Fox. Bersatu padu para karyawan perempuan membuka skandal pelecehan yang selama ini tak banyak diungkap. Sebelumnya mereka memilih diam demi karier dan reputasi.

Baca juga: Gesit Menghadapi Bos Genit

Perjuangan mereka juga tidak mudah. Malah dituduh mengada-ada dan sulit membuktikan. Tapi berkat kesolidan di antara sesama rekan dan korban, pada akhirnya pelaku dapat diajukan ke pengadilan dan menggegerkan jagad seantero Amerika.

The Whistleblower (2010)

Foto: imdb.com

Seorang polisi wanita Nebraska, Amerika ditugaskan ke Bosnia sebagai bentuk kerja sama dengan PBB. Tak dinyana, di sana dia menemukan banyak gadis dari negara sekitar yang ditipu dan dijual sebagai wanita penghibur. Upayanya tak berhasil untuk menyelamatkan para gadis tersebut, bahkan salah satunya ditembak mengenaskan setelah berusaha kabur.

Hope (2013)

Foto: kumparan.com

Hope adalah film Korea yang diangkat dari cerita pilu gadis cilik bernama Im So Won berusia 8 tahun. Tragedi datang saat ia berangkat ke sekolah. Dia disekap, diperkosa, dan mengalami luka serta trauma mendalam. Bahkan tak berani bertemu pria dewasa. Hingga membuat ayahnya harus berkostum badut terlebih dulu supaya bisa melihat puterinya. Film yang mengisahkan kekerasan tak hanya dialami perempuan dewasa, tapi juga anak-anak. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

Comments

comments