13

Aksesoris Penting dan Keren untuk Sepeda

Bersepeda sedang tren. Sebagai transportasi andalan di era adaptasi kebiasaan baru, untuk mendapat manfaat kesehatan, maupun ajang rekreasi. Perhatikan juga apa saja aksesoris penting yang dibutuhkan. Supaya bersepeda kian seru, asyik, dan aman sepanjang perjalanan.

Apalagi manfaat dari aksesoris bisa menambah penampilan sepeda. Lantaran banyak yang sengaja didesain dengan apik. Bagaimana soal harga? Jangan khawatir. Aksesoris sepeda tak harus mahal. Kualitas tinggi dengan harga terjangkau sekarang sudah banyak yang tersedia. Tinggal menyesuaikan dengan bujet dan selera saja.

Tas ponsel

Foto: lazada.co.id

Ketimbang bolak balik berhenti hanya untuk melihat ponsel, sekarang sudah tersedia tas khusus untuk ponsel Anda. Sifatnya tahan air dan bisa dipasang pada bagian depan atau bagian yang lain. Bagian belakang tas berukuran lebih besar, sehingga mampu menampung banyak barang. Seperti dompet, kartu-kartu, kunci, atau barang penting lain.

Tempat minum fleksibel

Ada juga aksesoris penting berupa tempat minum fleksibel. Disebut demikian karena dapat dibongkar pasang dan bebas diposisikan pada bagian rangka sepeda mana saja. Anda cukup mengisi air dengan penuh, menempatkannya, lalu berkayuh tanpa perlu khawatir akan kehausan.

Baca juga: Perawatan Tepat Untuk Sepeda Lipat

Kring-kring

Jangan lupa untuk memasang bel sepeda. Berbunyi kring-kring sebagai tanda bagi pengguna jalan lainnya. Beberapa bel sudah ditawarkan dalam kemasan yang mini, tidak terlalu menghabiskan tempat, bahkan terlihat seolah-olah Anda tidak menyentuh bel sama sekali. Akan tetapi tetap menghasilkan bunyi yang jernih dan keras.

Lampu LED

Pasang pula lampu LED untuk meningkatkan keamanan bersepeda. Terlebih untuk Anda yang gemar mengayuh saat malam hingga pagi hari. Rata-rata ada dua fitur yang bisa dipakai. Pertama, lampu menyala terus menerus untuk menerangi jalan. Kedua, nyala lampu dapat dikedip-kedipkan sebagai tanda khusus bagi pengendara yang lain.

Saddle cover

Permukaan sadel yang keras dan kaku sering membuat bokong terasa nyeri. Atasi ini dengan lapis penutup yang empuk. Berbahan gel dan kombinasi lainnya memberi efek lebih ringan serta mengatasi capek berlebihan saat bersepeda jauh. Warna yang tersedia pun beraneka.

Baca juga: 3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Pemula Saat Beli Sepeda

Gembok pengaman

Rasanya tiap pemilik sepeda wajib memiliki gembok pengaman. Terutama untuk menjamin sepeda tetap di tempatnya selama Anda tinggal. Ada yang menggunakan kunci manual, ada pula yang menggunakan kode khusus.

Speedometer

Menambahkan speedometer akan membantu Anda mendapat hitungan yang pas. Dari berapa jauh jarak yang sudah ditempuh, kecepatan, waktu, dan juga fitur-fitur menarik lainnya.

Pompa mini

Jangan lupa tentang pompa. Sekarang sudah ada pompa mini yang bisa digantungkan pada frame sepeda. Jadi bisa dibawa ke mana saja. Begitu mendapati ban mengalami masalah, contohnya kurang angin, pompa tinggal dihubungkan. Meminimalisir masalah ban yang sepertinya merupakan masalah yang paling sering dihadapi oleh pelaju sepeda.

Baca juga: Mudah Dan Mandiri Merawat Sepeda

Untuk pesepeda

Selain itu, ada beberapa aksesoris yang fungsinya ditujukan bagi pengendara. Di antaranya ada helm pelindung atau diganti dengan bandana, kemudian jersey yang mudah menyerap keringat, pelapis lutut dan siku, serta sarung tangan yang akan menghalangi paparan teriknya matahari. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments