30

Cara Unik Melunakkan dan Menghilangkan Bau Daging Kambing

Idul Adha sudah di ambang pintu. Ramai dengan sajian menu daging kambing di meja. Jika selama ini tinggal menikmatinya saja, mungkin Anda ingin tahu cara memasaknya. Khususnya melunakkan daging kambing dengan cepat.

Baca juga: Mitos Seputar Daging Sapi Dan Kambing Yang Tak Perlu Terlalu Dipercaya

Sekaligus cara untuk menghilangkan bau prengus, yang kerap kali menghilangkan nafsu makan. Serta yang tak kalah penting, adalah melunakkan dengan metode yang sehat nan alami. Tidak menggunakan bahan kimiawi yang dapat merasuk ke daging, lalu memberikan pengaruh buruk pada tubuh. Dengan demikian, daging cepat empuk, mudah dimasak, hemat waktu, dan bahan bakar.

Tidak dicuci

Normalnya sebelum memasak, daging dicuci. Namun mencuci ternyata malah membuatnya alot dan bau prengus kian tajam. Jadi, langsung saja daging direbus bersama rempah-rempah. Seperti jahe, sereh, daun salam, daun jeruk, atau kemangi. Fungsi rempah di sini untuk mempercepat hilangnya bau.

Setelah itu air rebusan dibuang. Daging kambing bisa diolah ke tahap selanjutnya atau direbus kembali dengan air yang baru.

Buang lemak

Diduga penyebab daging kambing alot adalah lemaknya.

Karena itu, buang saja bagian ini, apalagi jumlahnya cukup banyak menempel di bagian daging. Lagipula kurang bagus untuk kesehatan.

Untuk memudahkan, bekukan daging sampai keras. Anda akan lebih gampang memotong lemak yang terlihat berwarna putih-putih. Lanjutkan pada proses masak berikutnya.

Baca juga: Cara Mengolah Daging Agar Sedap Dan Sehat

Bungkus daun pepaya

Daun pepaya juga dapat mengempukkan daging. Ambil beberapa lembar daun pepaya segar. Bungkus daging kambing yang masih mentah dengan daun hingga tertutup erat. Biarkan selama beberapa menit atau kurang lebih satu jam. Enzim yang terkandung di daun pepaya mampu menyerap bau prengus serta melunakkan daging dengan cepat. Cara ini telah dikenal dibeberapa daerah, termasuk para pengusaha kuliner daging kambing.

Parutan nanas atau pir

Cara lain yaitu menggunakan buah nanas atau pir. Pilih salah satu saja. Keduanya memiliki zat khusus untuk melunakkan daging kambing. Buah yang sudah diparut tinggal dibalurkan ke daging hingga semuanya terendam. Paling tidak selama setengah jam, lalu daging bisa dicuci dan dimasak seperti biasa. Di sini nanas lebih sering dipakai, sementara buah pir lebih banyak digunakan oleh negara Barat untuk teknik mengolah daging.

Taburi garam

Nah, garam di sini sebenarnya merupakan jalan keluar jika daging kambing terlanjur dicuci sebelum dimasak. Taburi seluruh permukaan dan diamkan satu jam. Garam akan menyerap bau berlebih dan tentunya daging cepat empuk. Sesudah satu jam, cuci kembali daging sampai garam rontok dan lanjutkan ke sesi masak selanjutnya.

Baca juga: Uniknya Tradisi Idul Adha Masyarakat Indonesia

Cara lain

Masih ada cara lain. Yakni dengan memakai jeruk nipis, cuka apel, dan minuman ringan bersoda.

Di samping mampu melunakkan, untuk jeruk nipis dan cuka apel, mereka juga kuasa membunuh bakteri yang suka menempel di permukaan daging.

Bagaimana prosedurnya? Mudah saja, pilih salah satu bahan pembantu tadi. Rendam daging dengan bahan secukupnya. Tapi jika menggunakan minuman ringan, ada baiknya hingga daging benar-benar terendam. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih selama 30 menit dan bilas dengan air. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments