27

Jenis Usaha Yang Diperkirakan Akan Terus Bersinar

Hadirnya Covid-19 telah menghajar perekonomian dengan hebatnya. Namun ternyata ada sebagian jenis usaha yang malah untung. Seakan mendapat durian runtuh secara beruntun. Keadaan ini diperkirakan akan terus bertahan untuk waktu yang cukup lama.

Hal ini disebabkan oleh kondisi dan aktivitas masyarakat yang berubah drastis. Kegiatan yang terhitung baru dan hanya segelintir usaha saja yang siap menopang dengan segera. Bahkan dapat dikatakan menjadi kebutuhan primer. Bukan hanya karena momen yang pas, namun dari segi fungsi memang tepat menjawab problema sekarang. Contohnya adalah saat tetap di rumah saja. Tanpa harus keluar, jenis-jenis usaha ini siap memenuhi kebutuhan dengan mudahnya. Membuat aktivitas berjalan dengan lancar.

Baca juga: Strategi Bertahan Di Era Pandemi

Sementara pemilik usaha tentu mendulang untung. Siapa nyana, hentakan corona tak berlaku bagi jenis usaha mereka. Tetap dapat bekerja dan mendapat penghasilan. Walau ada kemungkinan harus menurunkan harga jual untuk terus bertahan.

Jual beli gawai

Usaha jual beli gawai menduduki jajaran tertinggi. Piranti komunikasi yang kini dibutuhkan oleh siapa saja. Meski kini bekerja dari rumah sudah berkurang dengan dibukanya perkantoran, namun belajar dari rumah diperkirakan akan tetap terjadi untuk waktu yang lebih lama. Mulai dari komputer jinjing, komputer tablet, dan ponsel pintar. Termasuk pelengkapnya seperti headset atau earphone.

Meski sudah memiliki, banyak yang harus membeli tambahan.

Bukan sepenuhnya didorong oleh animo. Tapi sebagai penunjang agar kebutuhan bekerja dan belajar tidak mengalami gangguan. Orang tua bekerja, sedangkan beberapa anaknya belajar online dengan bersamaan. Tak aneh jika kemudian pembelian gawai jadi laris manis.

Jasa telekomunikasi

Keuntungan besar didapat oleh mereka yang berkecimpung di bidang telekomunikasi. Konsumen ramai-ramai menguatkan dan menaikkan langganan wifi di rumah. Juga sangat terasa di mana pembelian pulsa serta kuota internet naik signifikan.

Baca juga: Fungsi Branding Saat Pandemi

Semuanya demi menghadirkan internet kencang di rumah. Layaknya makanan utama yang kini harus ada setiap hari. Sedikit saja mengalami gangguan, keributan akan mewarnai jagad raya.

Jasa kurir

Begitu pula dengan jasa kurir. Sehubungan dengan minat masyarakat yang beralih besar-besaran ke belanja daring. Jasa kurir sangat membantu kirim mengirim dengan mudahnya. Tinggal membuka aplikasi, barang yang dinanti segera sampai di depan pintu. Serta dianggap jenis usaha yang sehat, mengingat efektif mengurangi mobilisasi dan kerumunan.

Obat, alat, dan bahan sanitasi

Pelaku usaha di bidang medis juga kebagian hoki.

Kebutuhan akan masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, cairan disinfektan, dan sejenisnya kian tak terpisahkan.

Tak punya secara pribadi berarti memberikan peluang pada diri sendiri untuk sakit. Pembelian pun terjadi secara massal. Menjadi ajang pula bagi para pelaku untuk berkreasi. Seperti membuat masker kain dengan aneka corak nan ciamik. Atau mengemas hand sanitizer dalam wadah lucu-lucu untuk menarik minat anak-anak.

Baca juga: Tren Baru Bisnis Kuliner Saat Pandemi

Penyuplai bahan pangan

Pandemi atau new normal sama-sama membutuhkan pangan. Bahkan terasa kian meningkat ketika masyarakat mulai menimbun lebih banyak dari biasanya sebagai langkah pengamanan kebutuhan keluarga. Dari bahan mentah yang awet dalam sekian bulan sampai yang harus diolah harian. Secara tidak langsung juga merangsang pertumbuhan usaha makanan skala rumahan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments