18

Lebih Enak Jadi Supplier, Distributor, Reseller, atau Dropshiper?

Merebaknya jual beli online telah menghasilkan beberapa istilah baru. Kerap didengar tapi remang-remang untuk dijelaskan. Tak ada salahnya mencoba mengintip sedikit makna dan perbedaannya. Serta mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya.

Selain itu guna menambah pengetahuan tentang seluk beluk di dalam perdagangan online. Siapa tahu Anda tertarik membuka usaha sendiri atau ditawari posisi tertentu. Dengan berbekal gambaran sekilas mengenai sebutan di dunia online, Anda tak lagi kebingungan dan harus bertanya sana sini untuk mendapat jawaban yang mendalam. Pun lebih leluasa berpikir untuk menimang-nimang posisi yang bakal dijalani.

Baca juga: Untung Rugi Berjualan Di Market Place

Atau saat berada sebagai pihak pembeli, Anda juga tidak kesulitan untuk menentukan siapa yang bakal dihadapi. Langsung berkomunikasi dengan tangan pertama, pihak yang kesekian, atau perlu melewati mekanisme khusus atas suatu barang yang Anda inginkan. Sehingga amat membantu bagaimana tentang kemungkinan meraih harga yang rendah, proses yang cepat, jaminan kualitas dan sebagainya.

Supplier

Supplier adalah sosok yang memasok bahan produksi. Baik yang utama maupun yang sifatnya tambahan. Barang pasokan pun bentuknya dapat bermacam-macam. Ada yang masih mentah, setengah jadi, dan sepenuhnya jadi. Karena itu, supplier punya nama lain, yakni produsen.

Sebab kerap dianggap sebagai pihak pertama dan cenderung membuat barang untuk diperjualbelikan. Nantinya, barang buatan atau yang dipasok supplier akan diteruskan ke penjual grosiran, agen dalam jumlah besar, atau langsung ke konsumen dengan jumlah eceran.

Untungnya jadi supplier adalah Anda tidak perlu repot berhubungan langsung dengan konsumen terakhir.

Dengan begitu Anda bisa fokus pada kuantitas dan kualitas barang.

Distributor

Lalu ada distributor. Perannya sebagai penghubung dan pengantar. Distributor akan mengambil barang-barang dari supplier, kemudian mengantarkan langsung pada pembeli. Rata-rata distributor lebih memilih pembelian dalam jumlah banyak. Seperti ke pabrik, supermarket, atau yang tergolong industri besar. Distributor mengambil laba dari selisih harga yang ditawarkan ke pembeli plus aneka biaya yang dikeluarkan.

Baca juga: Kiat Mengerek Laba Berdagang Online

Distributor memiliki keleluasaan mengelola produk-produk yang ia dapat. Tidak tergantung pada satu produsen. Selain itu distributor bisa mengambil margin yang disesuaikan dengan keuntungan yang didapat. Namun untuk jadi distributor modal harus cukup besar dan memiliki tempat menyimpan barang yang cukup besar.

Reseller

Di jual beli online, sering terdengar pula istilah reseller. Posisi penjualan ini kurang lebihnya melakukan penjualan dengan membeli terlebih dulu barang-barang dari supplier. Setelah barang terpegang baru dijual lagi. Biasanya ada syarat minimum berapa barang yang harus dibeli. Juga terlampir rambu-rambu atau standar pengenalan produk pada konsumen. Tidak jarang pula dibarengi target omzet yang wajib tercapai dalam sekian waktu. Bila gagal, ada potensi ditolak untuk mengambil barang di periode selanjutnya.

Reseller bebas menarik keuntungan sesuai kehendaknya.

Tinggal pintar-pintar memainkan strategi agar dagangannya laris dan bisa bersaing dengan reseller yang lain.

Dropshiper

Sebutan lain yang kerap berseliweran ialah dropshiper. Hampir mirip dengan reseller, bedanya terletak pada kepemilikan barang. Dropshiper tak lain seperti kepanjangan tangan dari supplier dalam menjajakan barang. Tanpa harus memasok, hanya menawarkan saja. Begitu ada yang tertarik, dropshipper tinggal meneruskan ke supplier. Supplier sendiri yang akan mengirim barang ke pembeli, bukan dropshiper.

Baca juga: Strategi Belanja Di Tengah Surga Diskon

Terlihat lebih mudah, karena sebatas hubung menghubungkan saja. Akan tetapi dropshiper punya keterbatasan. Di antaranya tidak bisa mengambil untung seenaknya karena harga sudah ditetapkan oleh supplier, serta mesti siap menghadapi protes konsumen lantaran berada di garis depan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments