02

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Pemula Saat Beli Sepeda

Sepeda akhir-akhir ini banyak diburu. Terutama di sejumlah kota-kota besar. Menjadi tren, namun sepertinya tetap membutuhkan perhatian yang jitu. Khususnya untuk Anda para pemula yang ingin mengikuti, jangan sampai salah membeli.

Siapa tahu saat sudah tidak nge-tren lagi, Anda bisa mengalihkan ke tangan yang lain. Jadi sepeda tetap memberikan nilai keuntungan. Ibaratnya, sepeda kini seperti menjadi investasi berharga. Di samping tidak melupakan dampak positifnya pada kesehatan.

Baca juga: Memilih Sepeda Untuk Latihan Anak

Ramai-ramai menggunakan sepeda hingga menjadi gaya baru juga bukan tanpa alasan. Sepeda dinilai lebih akomodatif sebagai transportasi pribadi dalam menjalani new normal. Apalagi bila rutenya hanya berjarak pendek. Ketimbang harus menggunakan moda umum yang memungkinkan pengguna lebih lama di luar rumah dan rawan tertular virus berbahaya.

Walau demikian, membeli sepeda karena kebutuhan atau hanya mengikuti trending, Anda tetap harus memperhatikan beberapa faktor. Terutama saat ini sepeda sudah hadir dengan keanekaragaman harga, rupa, dan fungsinya.

Menyesuaikan kebutuhan

Pada dasarnya sepeda dari manfaatnya bisa dibedakan menjadi tiga. Pertama, mountain bike yang dirancang kuat di atas tanah bebatuan dan goncangan curam. Lalu ada road bike yang diperuntukkan untuk jalanan aspal yang merata dan halus seperti di perkotaan, serta mengutamakan kecepatan. Terakhir ada hybrid bike. Perpaduan antara dua jenis sepeda sebelumnya, yang tidak terlalu cepat juga tidak terlalu tahan goncangan. Pas sekali digunakan untuk alasan mencari kebugaran atau aktivitas ringan sehari-hari.

Baca juga: Mudah Dan Mandiri Merawat Sepeda

Jadi, tinggal menyesuaikan antara kebutuhan dengan tidak mengabaikan kontur medan yang bakal sering dilalui. Sehingga, meski dimaksudkan sebagai gaya saat ini, sepeda dapat menjadi teman setia.

Imbangkan dengan anggaran

Kemudian pertimbangkan mengenai faktor harga. Sepeda berkualitas bagus memang lekat dengan harga yang tinggi. Demikian pula sebaliknya. Namun Anda tak perlu khawatir. Masih banyak sepeda bermutu baik dengan harga yang bagus. Jika ingin menambah spesifikasi untuk mempercantik rona sepeda, beli saja secara terpisah. Alhasil sepeda yang diidam-idamkan bisa disesuaikan pula dengan kondisi keuangan.

Dan ingat, acapkali bersepeda menjadi mahal karena mengikuti animo umum semata. Apalagi jika sepeda yang sedang booming berasal dari merk terkenal dengan harga fantastis. Diri sendiri terjebak pada gengsi, tanpa melihat kondisi pribadi. Jadilah sepeda dan rangkaiannya sudah tak ‘sehat’ lagi.

Baca juga: Harga Sepeda Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Perhatikan ukuran rangka

Di samping itu, perhatikan ukuran rangka. Sepeda yang baik, tidak akan memberikan pengaruh buruk pada bentuk tubuh.

Karenanya, coba pilih ukuran rangka atau frame sepeda sesuai dengan tinggi tubuh.

Biasanya dicantumkan pada grafik ukuran yang dibuat oleh produsen sepeda.

Serta perhatikan posisi standover dan jarak kursi ke setang. Posisi kursi yang ada di bawah setang membuat sepeda lebih nyaman digunakan. Tapi bila kursi sejajar dengan setang, Anda akan dibuat lebih cepat lelah mengayuh pedal. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments