29

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Yang Benar Dan Alami

Menjaga dan terus meningkatkan imun tubuh disebut-sebut cara yang efektif untuk tetap sehat. Terutama musim pandemi seperti sekarang. Namun lakukan dengan cara yang benar dan alami.

Sistem imun pada tubuh seseorang tidak dikendalikan oleh otak. Melainkan tergantung pertahanan sel-sel tertentu dalam mengenali benda asing dari luar yang bersifat parasit atau patogen. Begitu diketahui merugikan, sel akan sekuat tenaga memusnahkan.

Namun, kuat tidaknya sel dalam melakukan perlawanan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup kita. Dengan kata lain, segala perlakuan terhadap tubuh ikut menentukan.

Karenanya mau tidak mau, untuk tetap sehat dan memiliki daya tahan yang optimal, pola aktivitas pun wajib terjaga. Khususnya Anda yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit tertentu atau rentan dengan suatu alergi. Kondisi imun yang rendah akan sangat memudahkan bibit penyakit masuk dan pada akhirnya kesehatan yang dirugikan.

Perbanyak makan buah dan sayur

Penelitian sudah membuktikan bahwa orang yang sering mengonsumsi buah dan sayur cenderung lebih sehat dan tidak mudah sakit. Mengingat kandungan berbagai jenis vitamin dan mineralnya mampu mengerek kenaikan sistem imun. Di samping sifatnya yang alami, hampir tak ada kandungannya yang membahayakan.

Baca juga: Jus Buah dan Sayur, Tak Boleh Asal Campur

Di samping itu, manfaatnya kian maksimal saat kita mengonsumsi dengan beragam. Antara satu jenis dengan jenis yang lain bisa saling melengkapi zat-zat baik yang dibutuhkan.

Tidur cukup

Saat tidur, upayakan untuk mendapat waktu cukup dan hasil yang berkualitas. Kurang lebih 7 hingga 8 jam sehari. Sementara untuk memperoleh tidur yang berkualitas, ada banyak caranya. Seperti dengan mematikan lampu, tidak makan terlalu banyak sebelum tidur, tidak membiasakan diri mengonsumsi pil tidur, memilih kasur yang nyaman, hindari kafein, dan sebagainya.

Baca juga: Pertanyaan Seputar Aktivitas Fisik Dan Infeksi Virus Corona Yang Kerap Muncul

Lalu apa hubungan tidur dengan sistem imun? Ketika tidur, kinerja organ melambat. Kesempatan emas bagi darah untuk mengalir lebih lancar dan sistem imun akan segera menggunakan waktu istirahat ini sebagai pemulihan diri.

Olahraga rutin

Rutin olahraga sangat disarankan saat ini. Cukup 30 menit dan ambil yang ringan saja, seperti jalan kaki atau menggunakan sepeda statis di rumah. Jangan langsung memaksa diri melakukan olahraga yang berat. Karena dampaknya bakal membahayakan.

Olahraga akan membantu aliran darah, mengurangi stres dan peradangan, serta meningkatkan antibodi melawan infeksi. Secara bersamaan sistem imun ikut terbangun dan menguat.

Kelola stres

Meski termasuk golongan kesehatan mental, nyatanya stres juga berdampak pada sistem imun tubuh. Diketahui orang yang stres memiliki jumlah sel darah putih lebih sedikit dibanding yang tidak. Tentu dengan jumlah leukosit yang minim, sistem imun akan terpengaruh signifikan. Dalam arti, kurang tanggap dan lemah menghadapi aneka macam serangan dari luar tubuh.

Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun Yang Banyak Menyerang Wanita

Konsumsi suplemen yang benar

Tidak semua suplemen harus ditenggak setiap hari. Perlu disesuaikan dengan umur, kondisi tubuh, juga ada batasan dan dosisnya. Bila berlebihan malah menjerumuskan tubuh sendiri. Contohnya adalah sistem imun menyerang ke sel-sel baik dan malah abai dengan sel-sel jahat yang ada di dalam tubuh. Sebaiknya baca petunjuknya dulu dan konsultasi dengan yang lebih ahli. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments