28

Piknik Sederhana Untuk Mengisi Liburan

Liburan sekolah identik dengan me time sekeluarga. Apa dikata pandemi masih berlaku. Otomatis liburan seperti tak berbeda dengan hari-hari biasa. Meski demikian, ada cara menghadirkan piknik sederhana buat anak-anak tercinta.

Menggantikan liburan yang biasanya diwarnai dengan piknik jauh, ke tempat wisata, menginap di resort, pulang ke rumah nenek, dan sebagainya. Tujuannya apalagi jika untuk membuat anak-anak terkesan dengan liburannya. Terlebih kemungkinan besar tahun ajaran baru mendatang masih diadakan secara online. Lagi-lagi terkesan monoton. Sehingga memanfaatkan liburan sebagai hiburan ringan buat mereka tentu tidak salah. Terlebih dilakukan bersama orang-orang terdekatnya, yakni orang tuanya sendiri.

Baca juga: Haruskah Akhir Pekan Selalu Diisi Jalan-Jalan Dan Liburan?

Orang tua tinggal memilih tema yang sesuai dengan minat anak. Jika tidak sesuai harapan, karena lokasi jauh dan tak mungkin pergi ke sana, ajukan opsi pengganti. Serta ingat, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Saat kelak liburan telah usai, sekeluarga tetap sehat dan tetap semangat menjalani aktivitas masing-masing.

Manfaatkan taman

Coba dengan menawarkan pergi ke taman. Atau ruang kosong yang terbuka untuk publik. Pilihan yang menarik dan kerap membuat antusias anak-anak. Apalagi dengan membawa mainan, sepeda, kudapan atau makanan, buku cerita, dan lainnya.

Agar tidak muncul khawatir karena mengajak mereka keluar rumah, ambil waktu yang tepat. Misalnya pagi hari. Di mana belum banyak orang yang datang dan tidak ada kerumunan.

Selain sepi, Anda dan anak-anak lebih bebas menentukan acara.

Mulai dari sekadar duduk-duduk sembari menikmati udara pagi, bersepeda, olahraga ringan, dan bercanda dengan menghabiskan bekal yang dibawa, atau menginjak embun-embun yang masih tersisa dengan kaki telanjang. Suatu liburan ringan, tapi menyenangkan.

Menelusuri pagi

Ajak anak-anak untuk bangun lebih pagi. Saat matahari masih malu-malu memunculkan sinar teriknya, menelusuri pagi akan sangat menarik sekali. Udara pun terasa lebih segar. Sejenak menjejakkan kaki mengitari lingkungan perumahan, pergi ke tempat sekitar yang menjadi idola anak-anak, berjalan kaki untuk membeli menu sarapan, bersepeda di area jalan yang masih sepi, dan buat ide-ide menarik lain untuk menyemarakkan pagi.

Baca juga: Ide Liburan Bersama Anak-Anak Saat Orang Tua Tetap Masuk Kerja

Dan, jangan ragu untuk mengulanginya setiap pagi. Karena piknik yang sederhana ini bisa menyuntikkan semangat dan menyingkirkan penat. Anak-anak yang tadinya jenuh dengan yang itu-itu saja, akan selalu antusias menunggu esok hari. Di samping jenis piknik sehat untuk menyalurkan energi mereka.

Wahana air

Jika tak ingin ke mana-mana, dengan alasan berbagai pertimbangan, masih ada pilihan lain. Ialah membuat wahana air sendiri. Khususnya bila di rumah sudah ada kolam renang. Anda tinggal menambah ornamen atau hiasan tambahan agar anak-anak bisa menghabiskan waktu di sana.

Baca juga: Makanan Dan Minuman Spesial Liburan

Bisa pula dengan membuat kejutan berupa kolam karet besar. Tinggal diisi air dan orang tua dapat menyajikan makanan favorit anak-anak. Layaknya pergi ke waterpark yang selalu menarik minat anak-anak sampai orang tua. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments