26

Trik Menghindari Panas Di Rumah Tanpa AC

Rumah bisa dingin tanpa AC itu bukan hal yang mustahil. Kuncinya terletak pada bentuk bangunan dan trik-trik khusus. Asal sejak awal mau lebih jeli dan penuh pertimbangan sebelum rumah mulai didirikan.

Tanpa AC di rumah, akan ada banyak keuntungan yang didapat. Contoh yang paling terasa adalah penghematan di biaya listrik tiap bulan. Apalagi dengan di rumah saja seperti sekarang, AC jelas akan menyedot ongkos besar bila terus menerus menyala.

Baca juga: Mempercantik Rumah Tanpa Banyak Usaha

Tubuh juga lebih sehat. Lantaran udara yang dihirup lebih segar dan alami. Tidak ketagihan suhu dingin berlebihan, tidak rentan dengan penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh AC, juga tidak terkejut begitu ada di ruangan non-AC.

Keuntungan lainnya adalah turut mengurangi polusi. AC terkenal dengan kandungan freon-nya yang tak ramah pada lapisan ozon. Jadi, dengan menghilangkan satu AC saja dari rumah, sudah merupakan upaya besar untuk menyelamatkan lingkungan.

Menghadap ke Utara dan Selatan

Ada baiknya, membangun rumah menghadap ke Utara dan Selatan. Namun bila sudah terlanjur menghadap ke Barat atau Timur, masih bisa diakali. Timur menjadi sumber pertama panas ketika matahari terbit, dan makin meningkat saat matahari tenggelam di arah barat.

Sehingga dengan menghadap Utara atau Selatan, akan menjauhkan rumah dari sumber-sumber yang menghadap langsung ke matahari.

Buat langit-langit yang tinggi

Coba buat konstruksi yang memungkinkan bagian langit-langit tinggi sebelum rumah berdiri. Atau menghilangkan plafon sampai ke atap.

Langit-langit yang tinggi atau tanpa plafon sama sekali, akan membuat aliran udara lebih lega. Ruangan juga terasa lebih luas.

Selain itu, Anda dapat menambahkan lapisan aluminium foil di bawah atap. Bertujuan mendapatkan suhu rendah dengan maksimal.

Baca juga: Sumber Celah Masuknya Air Ke Dalam Rumah

Jumlah ventilasi

Lalu perbanyak ventilasi. Terutama jendela, jika pintu tidak memungkinkan berjumlah banyak. Sebagai gantinya, buat lubang-lubang di atas pintu untuk menambah jalan keluar masuk udara. Upayakan pula jendela tidak menghadap ke arah timur atau barat. Yang sangat potensial menyorot langsung ke sinar matahari. Andai memang sudah tidak bisa diubah lagi, coba pasang gorden tipis sebagai penyaring. Sinar tetap masuk namun dalam porsi yang sedikit dan terlalu menyengat. Suhu ruangan pun lebih terkontrol.

Perbanyak vegetasi

Pohon sebagai produsen oksigen sangat ideal untuk menghadirkan kesejukan di rumah. Jenisnya pun beragam. Tinggal menyesuaikan luas halaman, bentuk rumah, atau sifat tanaman itu sendiri. Metodenya pun beragam. Mulai dari membuat taman di bagian depan atau belakang rumah, membuat taman di tengah rumah, taman vertikal di dinding, dan masih banyak lagi. Termasuk meletakkan tanaman berukuran mini di beberapa sudut rumah yang mampu meresap polusi dan kuman.

Baca juga: Jenis Pohon Peneduh Yang Cocok Untuk Di Rumah

Beberapa trik tambahan

Ada beberapa trik tambahan yang bisa dimainkan. Di antaranya memasang dinding styrofoam untuk penyekat antar ruangan. Sifat dinding ini tidak menghantarkan panas, layak jadi isolasi termal yang baik. Dapat juga dengan memasang turbin ventilator di atap. Siripnya akan menangkap angin yang berembus untuk diteruskan ke dalam rumah. Atau memasang kaca film di jendela, sehingga udara panas lebih tersaring lagi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments