Happy asian girl learning online at home

Referensi Virtual Tour Menarik Untuk Anak-Anak

Libur akhir tahun ajaran sekolah sudah berjalan, beberapa tempat wisata juga sudah mulai dibuka. Namun anjuran untuk tetap di rumah saja masih perlu diterapkan. Daripada orang tua dan anak-anak bingung mau bagaimana, ada beberapa referensi virtual tour yang menarik untuk dicoba.

Baca juga: Referensi Situs Belajar Untuk Anak Di Rumah

Cukup dengan menggunakan laptop, ponsel, atau perangkat gawai lainnya, anggota keluarga bisa menjelajah kemana-mana. Tak ubahnya seperti datang langsung dan menikmati pemandangan yang ada. Anak-anak juga dapat memetik pengalaman lewat tempat-tempat yang sudah dikunjunginya. Tinggal pilih tema, lalu bebas melalang buana.

Menjelajah museum

Museum Manusia Purba

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan beberapa waktu lalu merilis virtual tour menarik. Bertemakan museum yang bisa menambah pengetahuan anak-anak akan sejarah dan budaya bangsa.

Di antaranya ada Museum Manusia Purba Di Sangiran, Kabupaten Sragen (Link: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/virtualmuseum/sangiran_ID/index.html). Anak-anak akan diajak melihat langsung situs ditemukannya fosil manusia purba beserta artefaknya. Lalu Museum Nasional atau yang lebih dikenal Museum Gajah. Di mana menjadi lokasi penting penyimpanan barang-barang berharga.

Baca juga: Hal Yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Saat Online Learning Karena Sekolah Tutup

Ada juga museum Bank Indonesia yang terletak di Jakarta Barat. Tak ketinggalan Museum Maritim yang kental berbau barang-barang maritim. Seperti kapal, lukisan, senjata angkatan laut, dan masih banyak lagi. Link: Museum Maritim: https://maritimemuseum.id/

Melihat keindahan alam

Labuan Bajo

Jika ingin melihat keindahan alam Indonesia sambil cuci mata, virtual tour bertema alam sangat beragam. Dari ujung Sumatera sampai bagian Timur Indonesia ada. Seperti indahnya deburan ombak di Labuan Bajo (Link: https://360indonesia.id/aerial-360-video-labuan-bajo/), menikmati sore di Pantai Losari, menelusuri Jembatan Ampera Di Palembang, atau bisa juga ikut merasakan ketenagan di Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta.

Keluar negeri juga bisa. Anak-anak pasti bakal dibuat takjub dengan cahaya kehijauan aurora borealis di Finlandia, melihat puncak salju di Gunung Everest, lalu meloncat ke China dengan taman nasionalnya yang bernama Zhangjiajie, kemudian beralih ke gurun Namb di Namibia.

Mendekati candi

Candi Prambanan

Saat ini, virtual tour untuk mendekati candi masih terbatas. Sementara hanya ada candi Prambanan (Link: https://360indonesia.id/candi-prambanan/), candi Ratu Boko, dan candi Borobudur. Akan tetapi, sekalipun terbatas, anak-anak akan disuguhi dengan pemandangan apik dengan relief-relief yang memukau. Apalagi lokasi ketiga candi yang begitu luas akan sangat memuaskan. Serasa diajak berkeliling langsung.

Sesekali dari virtual tour pula, ada diskusi interaktif mengenai kondisi candi beserta seluk beluknya. Jika waktunya bertepatan, boleh juga untuk bergabung. Sekaligus ajang menambah pengetahuan akan kekayaan bangsa sendiri.

Masuk ke kebun binatang

Houston Zoo

Jika anak-anak ingin berinteraksi dengan berbagai satwa, tema kebun binatang rasanya lebih pas. Sayangnya untuk kebun binatang di dalam negeri belum tersedia. Tapi jangan khawatir, kebun binatang dari negara lain tetap seru dan menghibur.

Baca juga: Tantangan Anak Masa Kini

Mulai dari Houston Zoo, di Texas (link: https://www.houstonzoo.org/explore/webcams/). Orang tua dan anak-anak bebas melihat beberapa binatang dengan enam kamera yang disediakan. Sementara di Atlanta Zoo, yang dilihat hanya panda saja. Meski satu tapi selalu kebanjiran penonton. Lalu ada Georgia Aquarium yang bisa diselami hampir ke seluruh bagian. Kaya sekali dengan aneka hewan laut. Amati jadwal aksesnya, sebab sebagian laman virtual tour membatasi jam kunjungan ke tempat mereka. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments