23

Strategi Bertahan Di Era Pandemi

Siapa yang menyangka tahun ini punya cerita tersendiri. Virus yang merenggut banyak nyawa, lockdown, karantina, krisis, dan pandemi. Juga membuat kita mau tak mau mesti bertahan dengan kondisi yang kian tak menentu.

Aktivitas harian yang tadinya bervariasi, kini terasa sama saja. Ada pula yang menyebutnya dengan perjuangan luar biasa. Berupaya tetap di rumah, bekerja dengan aturan yang tak biasa, mencukupi kebutuhan dengan uang yang tersisa, bahkan keluar rumah pun tak menghibur sepenuhnya. Akibat penggunaan masker dan jaga jarak yang membuat rasanya kehidupan sosial tak berjalan sama sekali. Efeknya tak hanya pada pemasukan, tapi juga pada kesehatan mental.

Baca juga: Mengelola Digital Wallet Agar Tidak Boros

Strategi mesti dimainkan. Demi bertahan untuk hari ini dan hari-hari berikutnya. Apalagi jika Anda adalah kepala keluarga, seorang atasan, atau pemangku kebijakan. Di mana banyak orang menggantungkan nasibnya.

Tak ada yang tahu kapan corona akan benar-benar pergi. Tak ada pula yang bisa menjamin sampai kapan harus bertahan kecuali diri sendiri. Agar saat semuanya ini usai, kita siap berkarya dan menyambutnya sepenuh hati. Dengan kata lain, jangan gampang menyerah.

Tetap jaga kesehatan

Sangat jelas serangan corona mengancam jiwa. Jadi, sangat rugi bila sampai terkena. Butuh waktu, energi, dan biaya yang tidak sedikit. Karenanya kesehatan menjadi kunci utama. Lantaran fisik yang prima adalah sarana penting untuk melaksanakan semua agenda.

Tanpanya, sia-sia semua rencana dan harapan yang sudah dibuat. Jadi, tetap patuhi protokol kesehatan, konsumsi makanan bergizi, olahraga, dan perhatikan kebersihan rumah. Tahan ego untuk keluar rumah dan menyalahi aturan. Ingat, keberadaan corona susah terdeteksi. Di mana saja kita bisa tertular. Daripada tindakan kecil yang menyepelekan, tapi meninggalkan dampak besar, lebih baik pikir ulang.

Susun ulang keuangan

Corona juga menghantam perekonomian. Ada sebagian yang bisa bertahan dengan finansial, yang lainnya harus berjuang sekuat tenaga. Akan tetapi mungkin semuanya khawatir dengan kondisi yang tak menentu ini. Krisis bisa menggerus stabilitas keuangan tanpa pandang bulu. Tinggal menunggu waktu saja jika tak mempersiapkan diri dari sekarang.

Baca juga: Ragam Olahraga Ringan Selama Masa Karantina

Terutama mengubah pola konsumsi, gaya hidup, melakukan penghematan besar-besaran, menyelamatkan usaha dan karir, serta masih banyak lagi. Tak lupa untuk menyusun kembali berbagai anggaran yang sebelumnya tak terpikirkan. Guna mendapatkan pembukuan yang seimbang antara pemasukan dan pengeluaran, lebih-lebih tetap ada yang bisa ditabung untuk dijadikan pegangan.

Mental sehat dan bersikap positif

Mental sehat dan bersikap positif tak boleh ketinggalan. Mereka bagian dari strategi yang juga harus dijalankan. Jauhi berita maupun pembicaraan yang sekiranya mendatangkan stres. Tak harus setiap hari selalu update dengan kabar jumlah korban corona. Sesekali jauhi, tanpa berniat untuk mengabaikan.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental Selama Corona Melanda

Selain itu tetap bersilaturahmi dengan keluarga, teman, maupun mitra kerja. Habiskan waktu bersama anak dan keluarga. Agendakan yang sifatnya seru nan santai supaya pikiran rileks. Atau dengan mengirim bantuan pada orang-orang yang membutuhkan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments