13

Mitos Bahan Yang Dipercaya Bisa Sembuhkan Covid-19.

Banyak berita beredar sejak mewabahnya Covid-19. Salah satunya mengenai tumbuhan atau bahan kimia yang dipercaya bisa menyembuhkan. Hingga kemudian menjadi mitos, yang bagi sebagian kalangan dipegang erat-erat. Padahal belum tentu benar dan tidak ada yang bisa menjamin keampuhannya.

Menurut medis, virus corona dikategorikan sebagai virus baru. Karakter dan sifatnya belum teridentifikasi secara pasti. Obat dan vaksin juga belum ditemukan lantaran sifat asli corona yang masih misterius ini. Alhasil korban terus berguguran dan infeksi penularan kian melebar.

Baca juga: Mengapa Orang Mudah Percaya Berita Hoax?

Lalu bagaimana dengan pasien yang bisa sembuh? Ada rangkaian perawatan yang wajib dijalani. Mulai dari karantina, minum sederet obat yang saat ini dinilai efektif melawan virus, juga mengonsumsi jenis-jenis herbal sebagai upaya meningkatkan imun tubuh. Mereka juga terus menerus dalam pengawasan medis. Sehingga tetap ada upaya-upaya ekstra yang terbilang tidak ringan.

Memang benar beberapa rempah, bumbu dapur, atau aktivitas tertentu dapat membantu menjaga stamina. Namun bukan lantas sama sekali membebaskan diri dari corona. Jadi, jangan percaya begitu saja. Yang mana malah membuat kita terlena dan menganggap enteng virus mematikan ini.

Makan bawang putih

Masih banyak beredar informasi di grup-grup aplikasi percakapan yang menyebutkan corona cukup disembuhkan dengan bawang putih. Caranya dengan dimakan mentah-mentah, dalam sehari cukup beberapa siung. Kadangkala ditambahkan dengan mengunyah bawang merah lalu menempelkannya di dahi.

Faktanya, sampai detik ini belum ada pernyataan langsung mengenai kehebatan bawang putih dan merah menghadapi corona.

Walau jelas kedua bumbu ini mengandung antioksidan tinggi, tapi jangan langsung menganggapnya sebagai obat yang manjur.

Cukup empon-empon

Empon-empon adalah sebutan untuk sekumpulan rempah-rempah. Terdiri dari jahe merah, temulawak, kunyit, sereh, dan masih banyak lagi. Bila dikonsumsi khasiatnya sangat baik bagi tubuh. Tapi juga tidak bisa dibilang sebagai obat corona. Jika dengan mengonsumsi bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh, bisa dibenarkan. Namun jangan terlalu bergantung sebagai satu-satunya jalan keluar.

Baca juga: Aneka Jamu Untuk Memuluskan Kulit

Berendam di sumber air panas

Ada pula informasi menyesatkan, bahwa corona dapat hilang hanya dengan berendam di sumber air panas. Mitos ini berkorelasi dengan anggapan virus akan mati pada suhu tinggi. Bahkan ada yang masih percaya virus tak bekerja untuk iklim tropis. Nyatanya suhu tinggi maupun iklim tropis tak mampu membendung gebrakan corona yang membuat kita kalang kabut.

Dengan minyak kayu putih

Sempat terdengar minyak kayu putih manjur untuk membunuh Covid-19. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata tidak menunjukkan hasil sesuai harapan. Lagi-lagi percaya pada minyak kayu putih sebagai obat bukan tindakan yang tepat. Apalagi pemakaian atau penggunaannya untuk menghapus corona dari tubuh tidak disebutkan dengan jelas. Apakah diminum, dicampur dengan bahan lain, atau hanya dioles-oleskan.

Baca juga: Supaya Rumah Merdeka Dari Virus Corona

Disemprot klorin atau disinfektan

Satu lagi yang membuat riuh, yakni menyemprotkan klorin atau disinfektan pada tubuh. Langkah ini diyakini bisa langsung mengusir virus pada tubuh. Padahal amat berbahaya menyemprotkan bahan-bahan kimia ini pada tubuh secara langsung. Terutama bila kena mata, hidung, dan mulut. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

Comments

comments