06

Perawatan Penting Pascamelahirkan

Tetap sehat dan berpenampilan menarik usai melahirkan adalah dambaan setiap wanita. Baik yang melahirkan secara per vaginam maupun lewat operasi caesar. Yakni dengan menempuh perawatan penting yang sifatnya mendasar.

Perawatan pasca melahirkan juga besar pengaruhnya pada kebahagiaan ibu. Dari soal perawatan fisik hingga menyentuh masalah psikologi atau mental. Para ibu juga tak perlu malu untuk meminta bantuan. Khususnya dari orang-orang terdekat, seperti suami. Dapat pula dengan meminta saran pada dokter agar cara perawatan tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Kebersihan

Jaga kebersihan setiap saat. Apalagi ibu akan banyak berinteraksi dengan si mungil. Di mana daya tahan tubuhnya masih lemah. Gunakan selalu pakaian yang bersih. Terutama pakaian luar, bra untuk menyusui, celana dalam, dan segala yang melekat pada tubuh.

Para ibu tak boleh melewatkan kebersihan pada area tangan, muka, dan lainnya. Sebagai contoh bagian payudara. Mengingat akan diisap oleh bayi, pastikan tidak ada sisa sabun setelah mandi dan selalu bersih dari kuman. Karenanya rawat dengan benar.

Baca juga: Balasan Telak Untuk Mom Shamer

Bekas luka

Sama halnya dengan merawat bekas luka melahirkan. Bagi yang melahirkan normal, tiap empat jam sekali ganti pembalut meski kapasitasnya belum terisi penuh. Usap pelan-pelan dengan sabun secara merata di area vagina, lalu bilas dengan air. Bila ingin menggunakan tampon, konsultasikan dulu dengan dokter. Karena ada larangan penggunaan tampon untuk hari-hari awal pasca melahirkan.

Baca juga: Bentuk Dukungan Ayah Untuk Ibu Menyusui

Sedangkan yang melahirkan secara caesar, hati-hati bila ingin tertawa, batuk, atau bersin. Biasanya luka sayatan akan terasa perih. Rawat luka jahit dengan mengompres air hangat. Lakukan berulang setiap hari hingga jahitan mengering. Selain itu, ikuti semua petunjuk dokter supaya bekas luka tidak bertambah lebar dan menganga.

Perawatan kulit

Usai melahirkan juga meninggalkan bekas berupa bercak-bercak di kulit. Atau yang biasanya disebut stretch mark. Memang bisa hilang dengan sendirinya tapi membutuhkan waktu yang lama. Untuk mempercepat, Anda dapat mengoleskan losion atau bantuan zat lain. Sebagai tambahan, perawatan kulit bagi ibu melahirkan kerap efektif mengembalikan kepercayaan diri.

Kebutuhan serat dan nutrisi

Selalu jaga asupan serat dan nutrisi. Makanan berserat akan membuat ibu tidak susah saat buang air besar. Sehingga tak perlu mengejan kuat. Perasaan lebih tenang karena tak dibayangi jahitan yang dapat lepas. Jadi, sediakan menu sehat seperti buah dan sayur hijau setiap hari.

Stabilitas emosi

Lalu merawat stabilitas emosi. Perawatan yang penting nilainya guna menjauhkan para ibu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya baby blues, depresi, atau post partum dengan segala tingkatannya. Dalam segmen ini, umumnya ibu tidak bisa mengupayakan sendiri. Ia perlu didukung oleh sekitarnya.

Baca juga: Bantu Ibu Melahirkan Terhindar Dari Baby Blues

Bebaskan diri

Dan, para ibu yang usai melahirkan perlu membebaskan diri. Dalam arti, menikmati setiap waktu agar senantiasa sehat pikiran jiwa dan raganya. Tidak perlu terus menerus mendengarkan omongan orang adalah salah satunya. Lalu berani mengambil keputusan demi kepuasan dan kenyamanan diri beserta keluarga kecilnya. Tak terkecuali punya me time untuk diri sendiri atau berdua saja dengan pasangan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments