31

Tak Usah Diisap, Gunakan Tembakau untuk Ini Saja

Penghujung Mei, tepatnya 31 Mei, ditetapkan sebagai Hari Tanpa Tembakau. Tujuannya untuk mengingatkan orang akan bahaya rokok. Baik bagi pengguna aktif maupun perokok pasif.

Memang, rokok sudah tak diragukan lagi mengandung berbagai bahan berbahaya. Dalam sebatang rokok terkandung 4.000 jenis senyawa kimia, 400 zat berbahaya, dan 43 zat penyebab kanker.

Baca juga: Cegah Ketergantungan Pada Obat Bebas

Namun ada salah satu bahan dalam rokok yang memiliki beberapa manfaat. Itulah tembakau, bahan utama rokok.

Manfaat tembakau ini jarang terungkap. Sehingga kemudian jarang dimanfaatkan oleh masyarakat. Penjualan tembakau sepertinya juga tidak mudah ditemukan. Seperti layaknya rempah-rempah atau bumbu dapur yang banyak beredar di mana-mana. Kecuali untuk beberapa daerah yang banyak menggelar dagangan tembakau kering untuk konsumsi tingkat rumah tangga. Selebihnya, jual beli tembakau mayoritas langsung beralih dari tangan pertama ke produsen besar. Kian membuat masyarakat awam dengan tanaman berdaun lebar ini.

Mengatasi hama dan serangga

Untuk Anda yang suka berkebun, menanam sedikit tembakau akan sangat membantu. Daunnya efektif mengusir hama dan serangga. Anda bisa mengambil beberapa lembar lalu mencampurkan sebagai bahan pembuat pupuk kompos. Sebar di sekitar tanaman kebun Anda.

Sementara untuk mengusir hama, Anda dapat mencampurkan tembakau ke dalam air. Racikan ini tinggal disemprotkan pada tanaman saat menyiram atau ditujukan langsung pada sarang-sarang serangga yang kerap mengganggu.

Baca juga: Perawatan Kulit Dari Dapur Sendiri

Mengobati gigitan serangga

Di kalangan masyarakat India, tembakau dipakai untuk mengobati penyembuhan dari gigitan serangga. Caranya, setelah racun dikeluarkan, daun tembakau dikunyah lalu ditempelkan langsung pada bagian yang digigit. Perlahan, zat-zat yang terdapat dalam tembakau mampu mengurangi rasa sakit dan menyedot sisa-sisa racun di dalam tubuh.

Baca juga: Jurus Jitu Usir Ular Yang Masuk Rumah

Obat kulit dan reumatik

Pengobatan kulit dari bahan tembakau ternyata telah digunakan oleh nenek moyang kita. Terutama mengatasi ruam, eksim, bahkan reumatik. Beberapa lembar daunnya ditumbuh hingga halus, setelahnya bisa ditempelkan pada kulit yang sakit. Layaknya sedang dikompres. Biarkan beberapa menit dan ulangi setiap hari. Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari. (LAF)

 

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments