22

Merawat Kesehatan Kulit Saat Di Rumah Saja

Tak keluar rumah bukan berarti abai terhadap kesehatan kulit. Kulit harus tetap terawat seperti biasanya. Lakukan sendiri dengan cara-cara yang alami. Apalagi Lebaran tinggal dua hari lagi.

Terlebih tuntutan untuk menjaga kebersihan, seperti sering-sering cuci tangan, membuat kita abai terhadap kesehatan kulit. Ditambah muka yang tak kena sentuhan makeup atau karena tak diajak keluar rumah, lantas tak membutuhkan perawatan apa-apa. Serta jangan salah dengan menganggap kulit akan lebih cerah, sebab tak terkena paparan sinar matahari sama sekali.

Baca juga: Kapan Harus Segera Menemui Dokter Kulit?

Langkah merawat kulit sama dengan memproteksinya. Guna menjaga tetap sehat, lembut, kenyal, glowing, dan tidak mengalami penuaan dini. Sempatkan beberapa menit saja di tengah-tengah kesibukan Anda di rumah. Dan lakukan dengan rutin.

Tetap mandi dan cuci muka

Sama seperti hari-hari biasa, sebaiknya tetap mandi dan cuci muka. Minimal dua kali sehari. Gunakan sabun muka yang lembut dan cocok dengan jenis kulit Anda.

Saat mencuci muka, hindari menggosoknya kuat-kuat. Cara ini kerap dilakukan dengan harapan mendapat hasil yang maksimal. Padahal menggosok kulit muka secara kuat berbahaya bagi tekstur kulit dan pori-pori. Lakukan saja dengan perlahan dan sesekali tambahkan pijatan ringan di beberapa titik.

Hindari air hangat

Bila tidak amat mendesak, sebaiknya hindari air hangat. Baik untuk mandi, cuci muka, cuci tangan, dan sebagainya. Air hangat yang terlalu sering mengenai permukaan kulit, efektif membuatnya kering dan berkeriput. Tentu ini tak baik untuk kesehatan kulit.

Baca juga: Skin Care Dasar Yang Dibutuhkan Para Pria

Berjemur

Sebaliknya, jangan takut kena sinar matahari. Upayakan berjemur untuk mendapat sinar matahari pagi. Pilih lokasi di luar rumah dan pastikan punya jarak aman dengan orang lain. Kurang lebih selama 15 menit saja dan tiga kali seminggu. Kandungan ultraviolet di sinar matahari pagi oleh kulit akan diserap sebagai vitamin D. Input yang bagus bagi pembentukan kalsium, imunitas tubuh, dan transmisi kerja otot dan syaraf.

Rangkaian skin care

Pada dasarnya Anda tak perlu menerapkan berbagai skin care yang jalurnya cukup panjang seperti biasa. Anda bisa mengambil beberapa jenis saja yang sekiranya tetap dibutuhkan oleh kulit. Misalnya tetap memakai masker seminggu tiga kali, mengoleskan pelembap ringan, lalu serum dan krim malam sebagai teman setia. Untuk bagian bibir misalnya, sesekali usapkan madu atau minyak zaitun untuk menjaga kelembapan alami.

Nutrisi dari dalam

Jaga selalu nutrisi dari dalam. Kesehatan kulit juga bisa didapat dari hasil konsumsi makanan sehari-hari. Mulai dari banyak minum air putih, sayur-sayuran hijau, buah-buahan, minyak ikan, telur, dan sebagainya. Setidaknya dengan rajin mengonsumsi makanan sehat, kulit bukan saja sehat, akan tetapi juga tubuh tampak lebih awet muda.

Baca juga: Waspada Sindrom Mata Digital

Oleskan krim mata

Jangan lupakan krim mata. Tujuannya untuk mencegah kantung mata dan mata panda. Apalagi jika Anda work from home dan rutin beberapa jam di depan layar tiap harinya. Aplikasikan setiap malam atau di waktu-waktu yang menurut Anda tepat. Bila tidak ingin menggunakan krim mata, dengan alasan alergi misalnya, Anda bisa mengganti dengan bahan alami. Contohnya ada timun dan bengkoang yang siap membantu. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments