21

Merawat Mobil Yang Lama Tak Dipakai

Sepertinya yang harus di rumah saja bukan hanya kita, namun mobil juga. Akan tetapi dengan berdiam diri, bukan berarti mobil akan selalu dalam kondisi baik. Cek beberapa komponennya supaya terus terawat dan sehat.

Serta posisikan mobil terlindung dalam garasi. Atau terpayungi dari guyuran hujan dan paparan sinar matahari. Selain untuk memproteksi interior tetap baik, mobil juga lebih awet. Lebih baik lagi bila tempatnya datar. Mobil akan senantiasa aman saat tidak terus menerus dalam pengawasan Anda. Kelak ketika kondisi kembali normal, mobil siap diajak beraksi.

Baca juga: Proteksi Tepat Untuk Cat Mobil

Panaskan mesin

Mulai dengan rutin menghidupkan mesin setiap hari selama beberapa menit. Cara memanaskan mesin bertujuan untuk memastikan semua indikator stabil. Atau sekali-kali mengajaknya jalan sebentar keliling kompleks.

Bahan bakar penuh

Upayakan bahan bakar selalu penuh. Guna menutup sisa ruang berudara yang dapat memicu efek kondensasi (embun) di malam hari. Paginya, ketika embun mencair, kualitas bahan bakar dapat berkurang. Dalam tahap yang parah, kerja mesin turut terganggu.

Merawat aki

Bila memang mobil tidak akan dipakai dalam waktu lama, lepaskan kabel-kabel aki. Mulai dari mencabut yang negatif, lanjutkan yang positif. Balik saat memasangnya.

Sementara untuk pengisian, starter mobil dan biarkan hidup selama 30 menit. Matikan, lalu starter lagi. Andai terasa sulit dan perlu beberapa kali strater, injak gas sampai dengan RPM kurang lebih di atas 1500. Aki akan bertegangan di atas 130 volt, sehingga dapat mengisi daya dengan baik. Tunggu sampai 10 menit dan starter lagi. Jika tidak ada masalah berarti aki hanya butuh diisi saja.

Baca juga: Ulah Sepele Yang Membuat Mobil Terbakar

Cek oli

Gunakan dipstick oil untuk membantu. Saat warnanya masih kuning, oli terkategori normal. Sedang saat warnanya sudah hitam pekat, tandanya minta diganti.

Cek air radiator

Air radiator harus selalu ada di garis normal. Anda bisa memantau dari radiator collant tank. Jika jumlahnya kurang, tambahkan saja. Disarankan menggunakan cairan radiator collant. Jangan lupa untuk cek selalu kondisinya saat memanaskan mobil.

Cek minyak rem

Sama seperti oli. Ketika warnanya kuning berarti baik-baik saja. Berwarna hitam artinya minta diganti segera. Pilih merk yang dianjurkan oleh produsen mobil. Anda bisa mengetahuinya dari buku petunjuk.

Cek wiper

Langsung saja tambahkan hingga level maksimum begitu mendapati air wiper berkurang. Lakukan testing wiper dan semprotkan airnya saat mobil dalam kondisi menyala atau kunci di posisi on.

Cek kondisi lampu

Cek semua lampu yang ada. Mulai dari lampu sen, lampu rem, lampu jauh, lampu pendek, maupun lampu belakang. Bila tidak yakin menyalakan di siang hari, coba saja nyalakan di malam hari untuk memastikan pancarannya kuat.

Baca juga: Menangani Mobil Yang Terendam

Cek lebih menyeluruh

Jika di rumah ada Diagnostic Scan Cek, alat ini bisa dimanfaatkan sebagai pemantau kerusakan pada mobil secara menyeluruh. Pilih scanner yang mudah dipakai, seperti Diagnostic Scan Tool lantaran pengoperasiannya menggunakan sistem android. Untungnya lagi, dengan ukuran 7.0 inchi, scanner ini bisa mendiagnosa lebih dari 100 merk mobil. (LAF)

 

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments