19

Bagaimana Hidup Berdampingan Dengan Corona?

World Health Organization (WHO) baru-baru ini menyebutkan bahwa virus Corona kemungkinan kecil bisa hilang dari muka Bumi. Tak mungkin untuk terus berdiam diri dan menghindar. Karenanya anjuran untuk hidup berdampingan mulai didengungkan.

Konon anjuran hidup berdampingan ini bisa diterapkan hingga vaksin anti Corona ditemukan. Tapi, apa itu hidup berdampingan dengan Corona? Yakni tetap melakukan aktivitas seperti biasa namun dibarengi dengan aturan-aturan yang baru. Kita boleh bekerja, sekolah, bertemu orang lain, atau melakukan kegiatan fisik di luar rumah. Bahkan bepergian ke luar negeri. Syaratnya, mematuhi norma yang sudah diterapkan agar pengendalian virus tetap dapat terkontrol. Sementara, di sisi lain, manusia bebas mengerjakan kegiatan sosial maupun ekonomi.

Baca juga: Tips Tak Tertular Virus Corona Di Kendaraan Umum

Tujuannya pun multi agenda. Manusia tak mungkin mampu memenuhi kebutuhan diri hanya dengan berdiam diri di rumah. Ada begitu banyak agenda yang mesti dikerjakan. Khususnya aktivitas ekonomi yang jelas mendatangkan pemasukan bagi pribadi, kelompok, lingkup nasional, dan global.

Terpenting, pada dasarnya manusia memang tak boleh kalah. Walau yang diperangi tak kasat mata dan sifatnya amat ganas, manusia juga harus berjuang lebih gigih untuk tetap berdaya dan merdeka.

Beradaptasi pada new normal

Jumlahnya kian sedikit, menghilang sama sekali, atau tetap ada, tampaknya setelah ini kita akan memasuki fase new normal. Cara hidup baru dengan menerapkan standar baru. Ini berlaku bagi siapa saja. Tak terkecuali anak-anak dan balita. Sebab Corona tidak memandang bulu, siapapun bisa tertular.

Tentu akan ada yang berubah. Mungkin pada gaya pergaulan, gaya bekerja, hidup sosial yang dianggap lumrah, upaya menjaga kesehatan yang lebih dianggap wajar, dan sebagainya.

Mungkin pula peradaban manusia bakal berubah drastis.

Kian menjaga jarak satu sama lain, sebagai upaya perlindungan terhadap diri sendiri dan pada orang-orang terdekatnya.

Mereka yang tak bisa mengikuti akan merugi. Jadi, mau tak mau, paksa diri untuk beradaptasi.

Baca juga: Strategi Bertahan Bagi UKM Di Tengah Pukulan Corona

Mematuhi protokol baru

Patuhi aturan pada protokol baru. Disiplin diri selalu menerapkannya di mana saja. Seperti di rumah, di tempat publik, di area pelayanan kesehatan, kantor pemerintah, serta lainnya. Protokol baru ini menyangkut tata cara meminimalisir penyebaran virus. Dari kebiasaan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker, atau protokol baru yang barangkali kelak baru diterbitkan.

Tetap berkarya

Hidup berdampingan dengan virus Corona artinya tetap berkarya. Bisa jadi nantinya akan muncul teknologi-teknologi baru yang membantu kegiatan physical distancing, seperti yang sudah ada adalah robot medis. Inilah salah satu wujud perlawanan supaya kita sebagai manusia tak kalah begitu saja. Kegiatan ekonomi tetap berjalan, sama halnya dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Saling mendukung

Plus saling mendukung antara satu sama lain. Pasalnya sejak Corona mulai melanda, perpecahan sudah terasa.

Muncul pro kontra mengenai asal usul virus yang kemudian merembet pada keraguan cara penanganan.

Tidak ada kesolidan dalam pemberantasan virus. Justru yang terasa adalah pertikaian dan pelanggaran akibat ketidaksadaran untuk melawan virus bersama-sama.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental Selama Corona Melanda

Oleh karenanya, mari saling membantu dan mendukung. Bantu mereka yang terdampak oleh masa pandemi ini. Juga berikan dukungan penuh dan patuhi aturan agar kriris segera berlalu. (LAF)

 

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments