18

Tata Tertib Rapat Online Di Rumah

Rapat online di rumah tampaknya sudah menjadi keseharian para pekerja. Meski terlihat sederhana, namun ternyata ada tata tertib. Perhatikan agar performa diri sendiri terjaga dan tidak mengganggu orang lain.

Tata tertib ini sebenarnya tidak berbeda dengan saat meeting di kantor. Tetap face to face, walau hanya sebatas di depan layar. Namun intinya, membutuhkan sikap yang sungguh-sungguh sebab ini hanya memindahkan lokasi rapat saja. Pembahasan, suasana, dan segala atribut yang menyertai wajib mendukung. Karena itu, dibutuhkan tata tertib yang mesti diindahkan oleh semua peserta rapat.

Baca juga: Penyebab Di Balik Rapat Tidak Efektif

Dan tak boleh ketinggalan. Sebelum dimulai, pastikan semua perangkat yang dibutuhkan tersedia. Mulai dari gawai yang akan dipakai, aplikasi, koneksi ke internet, alat tulis, bahan rapat, dan sebagainya. Pilih ruangan di rumah yang nyaman untuk digunakan, yang mana sebaiknya tidak banyak mendapat gangguan dari anggota keluarga yang lain.

Rapi

Kenakan pakaian yang rapi. Minimal yang bakal terlihat di layar. Yakni baju atasan yang resmi. Lalu perhatikan juga bagian muka dan tatanan rambut. Upayakan terlihat bersih dan enak dipandang.

Kecuali kantor Anda menerapkan aturan casual, berarti Anda bebas mengenakan tipe baju apa saja. Namun jangan memakai piyama, baju yang telah usang, dan sebagainya. Casual juga tetap membutuhkan unsur kerapian dan kepantasan.

Tepat waktu

Usahakan Anda telah duduk dan siap sedia beberapa menit sebelum rapat dimulai.

Tepat waktu sangat diperlukan untuk menjaga keprofesionalan seseorang.

Hal ini juga mengindikasikan keseriusan karyawan terhadap tugasnya, walau dikerjakan dari rumah.

Bila ada sesuatu yang menghalangi sehingga harus terlambat, beritahukan pada yang lain sebelum dimulai. Begitu kemudian bisa bergabung dalam meeting, anggota yang lain sudah mengetahui alasan Anda.

Baca juga: Aturan Main Mengajak Anak Ke Kantor

Tidak mengalihkan perhatian

Lalu, jangan sekali-kali mengalihkan perhatian. Biasanya pengalihan ini terjadi lantaran ada pemicu yang sebenarnya sifatnya remeh, namun efektif mengganggu. Contohnya adalah membuat mimik muka bercanda saat yang lain sedang membahas sesuatu, makan dan minum, menunjukkan gerakan tangan yang tidak perlu, serta lain-lain.

Alihan perhatian juga dapat terjadi akibat penampilan yang dianggap unik. Misalnya berdandan tidak seperti biasanya, yang kemudian mengundang berbagai komentar sampai membuat jalannya rapat tersendat.

Tahu aturan bicara

Ketahui aturan bicara dalam rapat online. Tekan tombol mute, saat Anda tidak bergiliran berbicara. Guna menghalangi suara Anda dan sekitarnya masuk. Jika perlu kenakan headset sehingga suara benar-benar tersaring. Khususnya ketika ruangan yang Anda pakai terdapat keberadaan orang lain.

Di samping itu, jangan menyela saat yang lain berbicara. Tunggu giliran, ajukan pertanyaan dengan sopan, gunakan waktu yang diberikan sebaik-baiknya, dan lantunkan intonasi suara yang netral.

Baca juga: Hindari Hal-Hal Konyol Ini Bila Ingin Karir Selamat

Beri informasi bila harus pergi

Adakalanya mungkin di tengah-tengah rapat, Anda harus meninggalkan sejenak. Barangkali untuk ke toilet, mengurus kebutuhan anak, mengambil minum, atau yang lain. Beritahukan pada yang lain begitu ada kesempatan. Ingat, tetap perhatian timing-nya. Anda juga tak perlu mematikan aplikasi. Begitu keperluan telah usai, segera gabung dan perhatikan dengan seksama apa yang sedang dibahas. (LAF)

 

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments