14

Mempercantik Rumah Tanpa Perlu Banyak Usaha

Lebaran sebentar lagi datang. Walau mungkin tak semarak seperti tahun-tahun sebelumnya, tak ada salahnya tetap merayakannya meski harus di rumah saja. Contohnya dengan mempercantik rumah tanpa perlu banyak usaha.

Anda bisa menghadirkan suasana segar di rumah dengan menggunakan barang-barang yang ada. Tanpa perlu membeli yang baru, juga tanpa meminta bantuan jasa profesional. Tentu hasilnya berlipat, lantaran tak perlu pula mengeluarkan uang tambahan. Plus kepuasan tersendiri sebab bisa mendekorasi ulang rumah atas jerih payah sendiri.

Baca juga: Cerdas Menghias Teras

Di sisi lain, agar kreasi rumah terasa indah, Anda bisa mencontek ilustrasi yang banyak bertebaran di internet. Atau menyesuaikan dengan selera keluarga. Terpenting tidak mengundang unsur bahaya terhadap anak-anak dan orang tua. Serta tetap aman tanpa ada celah lubang bagi binatang liar bisa bebas masuk. Perhatikan juga mudah tidaknya dibersihkan, supaya dekorasi rumah mudah dirawat dan kesehatan anggota keluarga tergaransi selalu.

Mulai dari teras, pagar, dan halaman

Anda dapat memulai dari bagian depan rumah. Yakni teras, pagar, dan bagian halaman. Untuk pagar, bersihkan lumut atau jamur yang menempel. Kecuali rumah menggunakan pagar tanaman, jadi cukup menyingkirkan gulma yang mengganggu. Cat ulang jika dirasa perlu.

Cabut rumput dan tanaman liar di halaman. Rapikan pohon dan tumbuhan di pot, misalnya dengan memangkas beberapa batang. Pot yang selama ini mungkin terletak di bawah, bisa Anda gantungkan dan geser posisinya ke teras.

Sementara di teras, ciptakan pandangan baru yang membuat rumah tampak lebih nyaman. Menyingkirkan tumpukan barang dan gantinya membiarkan teras kosong akan meninggalkan kesan lebih baik.

Baca juga: Tanaman Pengusir Nyamuk Menggunakan Media Pot

Singkirkan, tambahkan, atau ganti perabot

Di bagian dalam, coba arahkan mata pada barang-barang yang selama ini mengisi. Singkirkan saja barang yang tak perlu dan hanya memenuhi tempat.

Namun Anda bisa pula menambahkan barang-barang kecil, seperti foto keluarga, lukisan mini untuk mempercantik.

Jangan lupa, ganti cushion, gorden, taplak meja, dan lainnya dengan warna-warna yang selama ini memang jarang tampil di dalam rumah.

Mengubah bagian dinding

Supaya kian ciamik, hadirkan gaya dinding yang baru. Andai bisa mengecat sendiri, tak ada salahnya dicoba. Kalau tidak, Anda beserta anak dapat kerja sama menempelkan hiasan dinding. Tak harus semua bagian. Ambil beberapa sisi saja. Misalnya di kamar anak, ruang keluarga, dan dapur. Minimal dengan dinding terlihat baru, rumah juga terasa baru.

Bersihkan yang suka terlewat

Mempercantik tak ketinggalan dari yang namanya bersih-bersih. Apalagi yang selama ini kerap luput dari perhatian. Intai lagi sudut rumah mana saja yang kali ini harus ikut dibereskan. Khususnya debu yang telah menebal, onggokan barang tak terpakai, termasuk kuman-kuman menempel yang jarang tersentuh.

Baca juga: Bagian Rumah Yang Sering Lupa Dibersihkan

Menghadirkan tanaman

Usaha lain yang terbilang minim, tapi hasilnya maksimal ialah menghadirkan pot tanaman di dalam rumah. Untuk yang satu ini, Anda perlu menyesuaikan dengan luas rumah. Ruang yang minimalis berarti membutuhkan pot yang mini pula, agar tidak terlalu mendominasi. Isi dengan tanaman cantik, atau yang bermanfaat, seperti untuk mengusir serangga. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels/Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments