08-2

Seru Bersama Keluarga Di Rumah

Masa-masa di rumah saja sudah berjalan sekian waktu. Membuat Anda dan keluarga jadi punya me time bersama, sekaligus perlu aktivitas seru yang menyenangkan.

Aktivitas untuk hari-hari yang dihabiskan bersama, yang mana mau tidak mau membuat diri terkurung di rumah. Namun bukan yang selalu terkemas dalam nuansa profesional, seperti bekerja dan belajar dari rumah. Anda dan keluarga juga membutuhkan suasana yang berbeda dan asyik, tetapi tetap produktif. Mengingat kondisi seperti sekarang kerap membuat seseorang mudah jenuh, stres, dan depresi. Akibat menjalani keseharian yang monoton berikut segala dampak yang merugikan.

Baca juga: “Me Time” Asyik Untuk Ibu Rumah Tangga

Maka dari itu, seru-seruan dengan keluarga di rumah perlu untuk diprioritaskan. Ibaratnya menghadirkan hiburan bagi diri dan keluarga supaya hubungan tetap harmoni. Apalagi ketahanan diri juga lebih baik saat jiwa dan raga juga merasa bahagia.

Beres-beres

Membereskan rumah sekilas memang terlihat bikin capek. Tapi bila dikerjakan bersama-sama, apalagi saat tidak ada asisten rumah tangga, kegiatan beres-beres akan jadi berbeda. Bukan hanya rumah bersih yang didapat, Anda sekeluarga juga dapat merasakan kenikmatan yang selama ini jarang dirasakan. Lakukan kegiatan ini secara rutin plus bergilir. Sesuaikan dengan umur anggota keluarga.

Mendesain ulang rumah

Bisa pula dengan mendesain ulang rumah. Tak harus segala penjuru.

Berikan sentuhan-sentuhan ringan pada beberapa titik ruang tapi memberikan kesan yang jauh berbeda.

Misalnya mengubah posisi meja makan lebih mendekat ke jendela. Sehingga kesan makan sembari mendapat pemandangan ke luar didapat sekaligus. Atau membuat hiasan dan ornamen sesuai tema tertentu. Contohnya bulan puasa yang sekarang sedang berjalan. Walau harus berpuasa dan beribadah saja di rumah, hawa kental puasa tetap terasa.

Baca juga: Membuat Anak Betah Di Rumah Saat Wabah Melanda Seperti Sekarang Ini

Memasak

Memasak bersama selalu jadi pilihan yang benar. Anda dan keluarga bisa berdiskusi tentang menu favorit untuk berbuka nanti. Serta mulai menyiapkan jajanan atau kue buatan sendiri yang juga bakal dinikmati sendiri. Siapa tahu pula dari ajang memasak bersama, hasil masakan juga bisa dikirimkan ke anggota keluarga lain, teman, atau orang-orang yang membutuhkan.

Aktivitas outdoor

Jika bosan di rumah, tentu Anda dan keluarga dapat keluar sejenak saja. Paling mungkin dan aman adalah ke halaman rumah. Untuk sekadar berjemur, berkebun, olahraga ringan, dan bermain dengan anak-anak. Tetap perhatikan jarak dengan orang lain agar keluar dari rumah tidak menyediakan kesempatan tertular virus mematikan.

Kegiatan santai

Bila ingin lebih santai, coba duduk bersama dan pilih sederet kegiatan seru berikut ini. Antara lain ada board game dan nonton film bareng. Ada pula mengisi TTS bersama, mendiskusikan suatu cerita di buku, karaoke, dan sebagainya. Dijamin kegiatan-kegiatan semacam ini tak hanya seru, tapi juga menghangatkan satu sama lainnya.

Baca juga: Board Game Seru Untuk Sekeluarga

Membuat rencana baru

Di sisi lain, merancang rencana-rencana baru tak kalah serunya. Meski kadang harus menyedot perhatian dan pikiran. Namun merupakan wadah penyaluran energi yang positif. Dari membuat rencana liburan saat masa pandemi usai, rencana keuangan, apa yang bisa dilakukan untuk membantu orang lain, serta masih banyak lagi. (LAF)

 

 

Foto ilustrasi: Pexels/Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments