02-1

Berbagai Kurma yang Memiliki Khasiat Unik

Di antara sekian banyak buah, kurma yang paling banyak dicari saat bulan puasa. Si manis ini menjadi salah satu santapan berbuka puasa yang dianjurkan, bukan kolak atau malah gorengan. Ini karena kurma terbukti kaya karbohidrat dan mineral. Cepat menggantikan energi yang menurun saat puasa.

Jenis kurma sangat banyak. Ada sekitar 200 jenis kurma yang dibudidayakan. Masing-masing memiliki ciri khas, mulai dari rasa, bentuk, hingga khasiatnya.

Meski secara umum kurma mengandung mineral, karbohidrat, kalium, dan beberapa vitamin, beberapa kurma dipercaya memiliki khasiat khusus.

Kurma Sukari

Foto: shopee.co.id

Inilah kurma favorit para raja Arab. Umumnya mereka memilih menyantap kurma sukari yang basah dibanding yang kering. Karena kurma sukari yang basah teksturnya lebih lembut dan lumer di mulut saat dikulum. Dan….ehem…konon kurma ini mempunya khasiat penambah stamina pria.

Namun bukan itu saja khasiat kurma sukari. Kurma ini juga disebut-sebut mampu menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi, dan mengatasi kelelahan. Karena itulah kurma sukari dikenal untuk penyembuhan.

Kurma sukari juga bisa diandalkan untuk mengatasi anemia, karena kurma ini mengandung zat besi. Selain itu kurma sukari disebut-sebut dapat membantu membersihkan dan melancarkan darah.

Kurma Safawi

Foto: bursasajadah.com

Bila dimakan saat perut kosong, kurma safawi dapat membunuh cacing-cacing yang ada dalam perut. Semacam obat cacing perut alami. Selain itu kandungan seratnya juga tinggi, sehingga berkhasiat melancarkan sistem pencernaan.

Karena kurma safawi juga kaya akan vitamin A dan B, maka kurma ini dapat membantu penyembuhan rabun senja. Juga dapat mengurangi ketegangan otot mata atau mata lelah. Sedangkan vitamin B yang ada dalam kurma safawi dapat mencegah kerontokan rambut serta menjaga kesehatan kulit, dan melembapkan bibir yang kering.

Kurma yang banyak ditanam di Madinah ini berwarna hitam dan bertekstur daging tebal namun lembut. Rasanya manis dan sarat kandungan vitamin dan mineral. Karena itulah kurma safawi disebut-sebut memiliki khasiat penyembuhan.

Kurma Khudri

Foto: shopee.co.id

Kurma ini adalah pilihan terbaik ketika Anda membutuhkan sumber energi yang cepat dan kesegaran tubuh.

Kurma khudri ada yang berukuran besar dan kecil serta memiliki rasa yang manis. Buahnya berwarna cokelat gelap, kulitnya berkeriput. Merupakan kurma favorit untuk diekspor karena harganya tak mahal dan buahnya segar lebih lama.

Kurma Ajwa

Foto: tokopedia.com

Dikenal dengan kurma nabi, karena konon merupakan favorit Nabi Muhammad SAW. Imam Al-Khathabi mengatakan bahwa, kurma ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena zat kurma itu sendiri. Menurut Hadist Riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Nabi berkata, Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.

Kurma Ajwa memiliki tekstur kering. Ketika dikulum rasanya manis lembut, mirip kismis.

Kurma Ambera

Foto: libgar.com

Karena kurma ini terkenal akan kekuatan penyembuhannya, maka banyak penduduk Madinah memakan kurma ambera atau kerap juga disebut kurma anbara. Kurma ambera atau anbara ini termasuk kurma berkualitas tertinggi di Madinah.

Ukuran kurma ambera lebih besar dibanding kurma pada umumnya. Dagingnya tebal dan bijinya kecil. Warnanya cokelat, rasanya manis. Kandungan proteinnya juga disebut-sebut cukup tinggi. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

 

 

 

Comments

comments