05

Pengalihan Dana Liburan Yang Tertunda

Liburan tampaknya ikut terkena imbas corona. Membuat dana anggaran yang sebelumnya sudah dipersiapkan masih tersimpan rapi. Namun bukannya sia-sia. Dana liburan bisa dialihkan ke kebutuhan lain yang juga tergolong penting.

Terlebih kondisi seperti sekarang ini, di mana ada berbagai kemungkinan yang tak bisa ditebak, membuat kita mesti ekstra waspada. Seperti anjuran untuk tetap di rumah saja dalam waktu lama dan belum bisa ditentukan kapan berakhir, mau tidak mau, juga jadi bahan pertimbangan bagi semuanya agar penggunaan uang lebih dihemat lagi. Kebutuhan yang sekiranya bersifat sekunder atau tersier lebih baik ditunda lebih dulu. Kecuali ada hal-hal yang amat mendesak.

Baca juga: Langkah Sederhana Kelola Keuangan Bulanan

Sehingga dana liburan di sini bisa diperankan sebagai penopang. Sekaligus mengamankan finansial dalam jangka yang lebih panjang. Memang masih bisa tetap disimpan sebagaimana seperti rencana awal untuk liburan, namun bila terjadi sesuatu yang mendadak, Anda bisa leluasa menggunakannya. Plus tidak perlu panik sebab akan menyedot anggaran kebutuhan lain atau bahkan mesti meminjam dari orang lain.

Dana darurat

Masukkan saja dana liburan sebagai penambah nominal dana darurat. Anggaran yang tidak boleh diutak-atik bila tak benar-benar urgen. Sesuaikan dengan kesepakatan pemakaian di keluarga masing-masing. Akan tetapi, pikir kembali setiap rupiahnya sebelum dikeluarkan.

Di sisi lain, bujet liburan juga bisa digunakan untuk mengembalikan saldo dana darurat yang sebelumnya telah terpakai. Alhasil, jadi utuh kembali atau malah kian besar angkanya. Ingat, semakin banyak dana darurat yang digenggam, semakin aman fluktuasi finansial berjalan.

Tabungan kesehatan

Opsi lain yang patut ditempuh adalah mengalihkan sebagai tabungan kesehatan. Dana cadangan yang mendatangkan sejuta manfaat di tengah-tengah situasi seperti ini. Walau Anda dan keluarga telah dijamin oleh lembaga asuransi.

Atau bahkan dana liburan dapat berperan terhadap kebutuhan medis yang tidak digaransi oleh lembaga ini. Contohnya membeli vitamin dan suplemen makanan.

Dari yang sebelumnya tidak terencana tetapi penting disediakan di rumah, lebih mudah diupayakan berkat dana talangan dari liburan.

Baca juga: Kapan Dana Darurat Boleh Dipakai?

Kebutuhan pangan

Dapat pula dialihkan untuk kebutuhan pangan. Kebutuhan primer yang tidak bisa ditunda setiap harinya. Lebih-lebih, berdiam diri rumah dengan segala keterbatasan merangsang diri untuk menyimpan suplai makanan lebih banyak dibanding hari biasa. Faktor yang turut meningkatkan anggaran makan membengkak, dan kadang jadi tak terkontrol. Jadi, dana liburan ikut menyelamatkan isi perut sekeluarga.

Investasi 

Sangat benar bila Anda mengalirkannya sebagai investasi. Guna membeli barang berharga tak bergerak, misalnya logam mulia. Atau membeli reksadana, saham, dan jenis investasi pasif tapi aktif memberikan pemasukan rutin. Ada laba yang bisa diraup sembari menikmatinya sebagai penghasilan ganda.

Baca juga: Cermat Atur Keuangan Sebelum Berbisnis

Sumbangkan 

Yang tak kalah penting dan sangat bernilai adalah mengalihkannya pada orang lain. Banyak pihak yang terkena imbas langsung dengan mewabahnya corona sekarang.

Tiada pemasukan dan mendadak kehilangan pekerjaan. Anda bisa menggunakan dana liburan untuk membantu mereka tetap berdaya. Dari mulai memenuhi pangan, menyediakan alat-alat perlindungan tubuh, sekadar memberikan tips lebih banyak, serta lainnya. Sedikit dana liburan dari Anda, sangat berharga bagi mereka. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

 

Comments

comments