23

Tips Aman Berinternet Saat Bekerja dari Rumah

Seminggu sudah working from home (WFH) diberlakukan. Banyak yang senang, tapi tak sedikit yang merasa kurang nyaman, karena bekerja di rumah ternyata mendapat banyak gangguan. Namun bukan itu saja, jaringan internet di rumah tidak selamanya aman.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda bekerja tidak di kantor. Salah satunya keamanan akun Anda. Penggunaan Internet, apalagi di ruang publik, bisa mendatangkan bahaya. Karena itu lindungi dengan cara ini:

Gunakan VPN

Virtual private network (VPN) membantu koneksi Anda tetap terlindungi ketika Anda menggunakan public WiFi.

Waspada phising email

Banyak hacker yang mencuri kesempatan saat kesempitan. Saat kondisi dan situasi tidak pasti seperti sekarang ini. Jangan buka attachment email atau link yang mencurigakan. Bisa-bisa akun Anda dibajak.

Baca juga: Membuat Bekerja dari Rumah Bisa Efektif

Ubah password cloud

Memang sulit untuk tidak menggunakan jaringan WiFi terbuka. Bila itu terjadi pada Anda, hindari membuka hal-hal yang sensitif, seperti rekening bank, ketika Anda terhubung dengan internet. Unencrypted network sangat mudah digunakan oleh hacker untuk mencuri data atau informasi pribadi Anda.

Selalu perbarui fitur keamanan

Pastikan Anda terus memperbarui fitur keamanan pada semua perangkat. Hal ini akan membantu menjaga semua perangkat dari malware, phising attack, dan ancaman lain. Juga termasuk mengidentifikasi website berbahaya atau bervirus ketika Anda browsing.

Gunakan password yang unik dan tak mudah ditebak

Untuk mencegah hacker mengakses akun Anda, gunakan password yang kompleks dan jangan gunakan password lama. Sebaiknya Anda rutin memperbarui password Anda. Gunakan password manager untuk mengetahui password unik apa saja yang sudah Anda gunakan. (YBI)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments