20

Skincare Untuk Yang Berusia 50 Tahun Ke Atas

Berbicara mengenai perawatan wajah atau skin care, kadangkala kita hanya fokus untuk wanita yang masih muda. Padahal diatas usia 50 tahun juga masih membutuhkannya. Apa saja di antaranya?

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah masih ada gunanya? Tentu masih. Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa skin care dapat mencegah keriput dan penuaan. Namun perawatan yang intensif dan sehari-hari akan menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Jadi, tujuannya bukan hanya mempertahankan kecantikan, tapi juga untuk kesehatan.

Baca juga: Sehat Berawal Dari Kamar Tidur

Terlebih kulit di umur 50 tahun ke atas bakal banyak kehilangan kolagen. Akibatnya kulit mengering, keriput, dan bersisik. Terutama di beberapa sisi, seperti lutut, siku, telapak tangan, area mata, dan sebagainya.

Karenanya jangan ragu untuk tetap melakukan perawatan walau usia sudah tergolong manula. Lebih baik lagi bila perawatan sudah dimulai sejak usia 30-an. Kian meminimalisir keriput dan penuaan dini yang biasanya datang lebih cepat. Ditambah bila tidak diimbangi gaya hidup yang sehat.

Sabun pembersih muka

Tetap bersihkan muka secara rutin. Setelah dari luar rumah dan akan menjelang istirahat malam. Pilih yang mengandung kolagen dan eksfoliator alami. Sebelum  memakai sabun muka, Anda bisa membersihkan wajah dengan minyak zaitun. Ratakan keseluruh area muka dan diamkan beberapa saat. Baru setelah itu bilas dengan sabun sambil dipijat pelan-pelan.

Pelembap

Di rumah atau akan pergi keluar, aplikasikan pelembap.

Utamakan yang berisi minyak alami. Seperti minyak jojoba atau minyak jarak yang mengandung gliserin dan asam hialuronat.

Mereka berfungsi menarik air ke kulit, sehingga kulit terus terjaga kelembapannya. Disamping efektif melakukan regenerasi. Yakni mengganti sel-sel kulit yang mati dengan yang baru dengan cepat.

Baca juga: Mengenali Bedanya Essence, Serum, dan Pelembap

Tabir surya

Di sisi lain, oleskan tabir surya atau suncream. Khususnya saat akan berada di luar ruangan atau di bawah paparan sinar matahari. Selain muka, oleskan juga pada bagian tangan dan kaki. Suncream akan menyaring sinar matahari sebelum benar-benar menyentuh kulit. Otomatis kulit lebih terlindungi dibanding yang tidak diolesi.

Krim malam dengan retinoid

Sama seperti para perempuan yang masih muda, krim malam juga tetap dibutuhkan. Gunakan yang kaya akan retinoid. Retinoid adalah bahan turunan dari vitamin A. Gunanya untuk membuat kulit tampak lebih muda dan menyamarkan efek penuaan. Dari keriput, garis-garis halus, kulit kering dan bersisik, serta flek coklat. Bila perlu konsultasikan ke dokter terlebih dulu untuk mendapat produk yang terbaik.

Baca juga: Kapan Harus Segera Menemui Dokter Kulit?

Exfoliation

Rangkaian perawatan lainnya, dan tak kalah pentingnya, adalah exfoliation. Produk perawatan yang mengandung AHA (alpha hidroxy acid). Baik untuk mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang pergantian kulit baru dengan sehat. Karena ketika memasuki usia paruh baya, proses regenerasi sel-sel kulit akan melambat, sehingga kulit mati bisa menumpuk. Membuat kulit terlihat kusam. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments