19

Supaya Rumah Merdeka dari Virus Corona

Pandemi virus corona sudah sangat mengkhawatirkan. Hingga kemudian saran untuk tinggal di rumah saja terus didengungkan. Akan tetapi bukan berarti rumah sendiri tetap aman. Rumah juga perlu perhatian agar merdeka dari virus corona.

Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Gunakan saja bahan yang telah ada di rumah atau membelinya. Namun perhatikan keamanan diri jika ingin keluar rumah. Atau beli dengan cara daring (online). Karena banyak kantor yang sedang libur sampai kondisi dinyatakan lebih kondusif.

Kebersihan rumah juga perlu dilakukan secara menyeluruh. Khususnya bagi titik-titik yang sering tersentuh. Di antaranya gagang pintu, keran air, jetshower, tombol siram toilet, sakelar lampu, remote TV atau AC, meja makan, kulkas, pegangan tangga, dan sebagainya. Perhatikan juga kebersihan ponsel yang terkadang suka berpindah-pindah tangan.

Baca juga: Bagian Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

Bersihkan semuanya secara rutin. Bila perlu dua kali dalam sehari. Segera lakukan antisipasi pada anggota keluarga yang mulai menunjukkan gejala-gejala sakit. Meski terlihat ringan, ada baiknya saat ini Anda segera mengambil tindakan. Ketimbang rumah ternyata menjadi sarang virus corona yang potensial.

Lap dan cuci perabot rumah

Sebagai tambahan, virus corona bisa menempel dan bertahan beberapa hari pada bahan yang terbuat dari plastik, logam, maupun kain. Bersihkan dengan cairan pembersih, tunggu sesaat agar tetap basah, baru setelahnya keringkan. Segera ganti peralatan kebersihan seperti spon atau lap dengan yang baru. Jangan tunggu hingga benar-benar kotor.

Untuk bagian lantai, dinding, dan bodi jendela, meja serta kursi, lakukan hal yang sama. Ganti berulang cairan jika sudah terlihat keruh.

Semprotkan cairan disinfektan

Semprotkan cairan disinfektan yang banyak dijual di toko maupun apotek. Biasanya berbentuk spray dan Anda tinggal menyemprotnya. Arahkan pada kamar dan ruang yang sering digunakan bersama.

Saat menyemprot, ada baiknya Anda menutup jendela dan mematikan terlebih dulu AC. Guna memberikan jalan agar disinfektan bekerja maksimal.

Baca juga: Perkakas yang Sering Luput Kebersihannya

Bersihkan diri setelah dari luar

Jangan lupakan kebersihan diri. Begitu tiba kembali di rumah, segera cuci tangan memakai sabun. Ganti baju dengan yang baru dan letakkan baju kotor di tempatnya. Tahan diri untuk tidak duduk di sofa, tiduran di atas kasur, atau memegang benda-benda sebelum tangan dan pakaian telah terganti. Terapkan aturan ini pada semua yang tinggal di rumah. Dan minta pengertian bila sampai ada tamu yang datang.

Amankan binatang peliharaan

Untuk sementara, amankan binatang peliharaan. Anda bisa menitipkannnya sementara di tempat penitipan. Jika tidak, pastikan hewan sehat. Mandikan secara berkala dengan sabun khusus. Perhatikan kebersihan kuku, mulut, dan kandangnya. Dapat pula dengan memindahkan kandangnya di luar rumah namun tetap memberikan rasa aman.

Baca juga: Aturan Tak Tertulis Saat Memelihara Hewan

Jaga sirkulasi udara

Selain itu, sangat penting menjaga sirkulasi udara. Sebab virus ganas yang satu ini ternyata menurut beberapa riset mampu bertahan di udara tergantung pada suhu dan kelembapan. Atasi dengan membuka jendela dan biarkan sinar matahari masuk. Panas sinar mentari efektif membunuh virus serta menjaga udara di ruangan mengalir lancar. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments