15

Mitos Cinta di Tempat Wisata

Selain sebagai hiburan dan membuang kepenatan, ada alasan lain mengapa suatu lokasi wisata ramai dikunjungi. Salah satunya adalah mitos kuat yang mengikat. Banyak para pengunjung penasaran dan ingin mengetahui sendiri kebenarannya. Khususnya bila sudah menyangkut asmara.

Tentunya dengan mengharap keberuntungan dan dijauhkan dari segala kesialan. Tak jarang wisatawan datang berpasangan dengan dambaan kelanggengan hubungan atau enteng jodoh buat yang belum dipertemukan. Maka tak ayal, tempat wisata dengan mitos seperti ini, baik di dalam maupun luar negeri, tak pernah sepi oleh mereka yang sedang kasmaran.

Baca juga: Bijak Berwisata ke Tempat yang Berbeda Budaya

Pohon Jodoh dan Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

Foto: bogor.pojoksatu.id

Kebun Raya Bogor ternyata punya penarik pemuda pemudi yang ingin awet hubungannya. Yaitu Pohon Jodoh. Dua pohon berdiri berdempetan dan tumbuh di dekat makam Ratu Galuh. Makam istri Prabu Siliwangi tersebut juga dipercaya punya kekuatan penarik jodoh. Tapi, hati-hati bila ke sana. Ada Jembatan Merah yang malah sebaliknya, memutuskan hubungan yang sedang berpacaran.

Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Foto: Travel.tribunnews.com

Di Gunung Semeru ada sebuah rute yang bernama Tanjakan Cinta. Barangsiapa yang mendaki sembari membayangkan orang yang dicintainya, bakal bersama sampai akhir hayat. Tapi jangan sekali-kali menoleh ke belakang sebab cinta akan buyar begitu saja. Boleh percaya atau tidak, ya?

Candi Ratu Boko

Foto: Suara.com

Sedangkan di Candi Ratu Boko, mitos juga terasa sangat kuat. Dua sejoli yang sedang menjalin hati atau bercita-cita menikah, sebaiknya tak usah datang. Konon berkunjung ke candi ini malah membuat hubungan cepat bubar. Mitos yang dihubungkan dengan legenda terbentuknya Candi Prambanan, yang mana kental dengan kisah cinta tak terbalas dan berakhir dengan kutukan.

Air terjun Coban Rondo

Foto: Kompasiana.com

Sama halnya dengan mitos yang mewarnai air terjun Coban Rondo di Malang. Pasangan sejoli diyakini akan segera berpisah setelah datang dari sana. Lantaran dihubungkan dengan legenda Dewi Anjarwati yang setia menunggu suaminya Joko Lelono hingga akhir hayatnya tiba. Sang suami tak kembali karena gugur dalam pertempuran.

4 Faces Buddha, Thailand

Foto: YouTube

Bagi yang sedang ke Thailand dan ingin segera bertemu jodohnya, coba kunjungi altar 4 Faces Buddha di kawasan Pratunam. Mitosnya, pengunjung yang datang bisa segera bertemu jodohnya.

Baca juga: Menjajaki Wisata Ekstrem di Dunia

Jembatan Hohenzollern, Jerman

Jembatan Hohenzollern ada diatas sungai Rheine, Kota Collogne, Jerman. Pengunjung yang datang akan menuliskan nama pasangan pada sebuah gembok, lalu memasang pada pagar jembatan. Sementara kuncinya dibuang ke sungai. Langkah untuk mengupayakan hubungan tetap langgeng dan awet.

Trevi Fountain, Roma

Foto: Pexels

Di air mancur Trevi, Roma, Italia, ada mitos yang dikorelasikan dengan koin. Sekali melempar koin ke dalam air dipercaya akan kembali ke Roma. Dua kali melempar berarti segera berjumpa cintanya. Dan, tiga kali melempar menandakan segera menikah. Anda pilih opsi yang mana?

Baca juga: Wisata Mistis Yang Bikin Penasaran

Patung Juliet, Italia

Foto: Flickr

Masih di Italia, patung Juliet laris diburu dengan memegang payudaranya. Mereka yang berstatus jomblo akan meletakkan tangannya sekian detik sambil berharap dalam-dalam pada orang yang dikasihi. Biasanya wisatawan juga menulis surat curhat yang ditujukan pada Juliet dan ditempelkan pada tembok-tembok sekitar patung. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments