05

Aturan Tak Tertulis Saat Memelihara Hewan

 Sekilas memelihara binatang tampak seperti fenomena biasa. Tapi sebenarnya ada aturan tak tertulis yang sebaiknya dipatuhi. Demi kesejahteraan hewan dan pemenuhan hak-hak mereka.

Di dalam negeri memang belum ada aturan yang benar-benar mengikat. Tidak seperti di negara lain. Di Oklahoma, Amerika Serikat, ketika seseorang mengolok-olok seekor anjing, ia bisa terancam pidana. Sementara di Selandia Baru, kucing peliharan tidak boleh keluar rumah jika tidak dilengkapi dengan tiga lonceng yang dikalungkan. Ada lagi aturan di Rusia, dimana sebelum mengadopsi binatang, calon pemilik wajib mengikuti serangkaian tes tertulis dan verbal.

Baca juga: 3 Hal Yang Sering Terlewatkan Saat Memelihara Hewan

Meski demikian, tidak ada salahnya menerapkan sedikit komitmen. Minimal memenuhi kebutuhan dasar para hewan. Supaya mereka tidak menderita, di samping tidak menimbulkan kerugian bagi pemilik dan anggota keluarga. Sebab biasanya hewan yang tak terurus dengan baik rentan terkena berbagai penyakit. Ujung-ujungnya bisa tertular dan rumah jadi sarang kuman.

Ada kandang

Bak anggota rumah yang memerlukan privasi, hewan juga membutuhkan ruangan tersendiri. Sediakan kandang atau spot tertentu. Yang layak dan bersih. Sekaligus melatih mereka agar terbiasa beristirahat di sana. Tak masalah, akan di dalam atau di luar rumah. Terpenting tidak membahayakan dan nyaman. Jangan lupa bersihkan kandang secara rutin. Paling tidak seminggu sekali.

Kebutuhan pangan

Kebutuhan pangan masuk dalam kategori primer. Tidak bisa ditunda apalagi ditiadakan.

Selalu sediakan menu makannya tepat waktu. Berikut camilan bila dibutuhkan. Ada baiknya menu makanan bisa diterima sistem pencernaan. Bila hewan peliharaan akan ditinggal sendiri di rumah, upayakan mereka bisa meraih jatah makannya dengan mandiri.

Baca juga: Hewan Peliharaan Aman Ditinggal Mudik

Rasa afeksi

Penuhi pula rasa afeksinya. Sampaikan kata-kata yang halus, hindari memberikan perlakuan kasar seperti memukul atau menyiksa, elus-elus permukaan tubuhnya, berikan pelukan, dan sebagainya.

Biarkan sesaat dia bermanja ria di samping Anda. Maka hewan akan merasa sejahtera dan bahagia. Juga bakal berbuat balik seperti perlakuan yang diberikan oleh tuannya.

Kesehatan

Amati tingkat kesehatannya dari waktu ke waktu. Umumnya kesehatan binatang dipengaruhi oleh usia, apa yang dia makan, cuaca, dan kebersihan tempat tinggal. Serta tidak terkecuali, terserang virus ganas. Oleh karenanya, begitu mendapati kondisi dan sikap yang berbeda dibanding biasanya, segera bawa ke pusat perawatan atau dokter hewan. Mengantisipasi penyakit tak semakin parah dan tak membahayakan seisi rumah.

Hiburan

Selain afeksi, kebutuhan entertainmen juga diperlukan. Mudah saja, pemilik bisa mengajak jalan-jalan keluar dan membiarkan dia menikmati waktunya.

Berlari, mengendus-endus ke sana ke mari, mengejar binatang buruan, bisa pula bermain bersama. Atau mengajaknya bertemu dengan hewan-hewan peliharaan lain dalam suatu komunitas. Sehingga dia bisa bersosialisasi dengan sesama.

Baca juga: Inilah yang Bisa Dipelajari Anak Dari Hewan Peliharaan

Hormati orang lain

Komitmen lain yang perlu dijunjung tinggi ketika memelihara hewan adalah menghormati hak orang lain. Misalnya tidak memaksa naik kendaraan umum bila memang sudah jelas ada aturan. Bawa kantong khusus guna mewadahi kotoran hewan, jadi orang lain tak merasa terganggu. Tenangkan binatang saat suaranya begitu nyaring. Orang lain pun jadi tak masalah berjalan atau berdekatan dengan hewan piaraan Anda. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments