10

Mengendalikan Cinta yang Memudar dalam Perkawinan

Pudarnya cinta dalam relasi pernikahan bukanlah kondisi yang menguntungkan. Masing-masing sangat mungkin merasa tersiksa. Tapi bagaimana mengembalikan cinta agar ikatan perkawinan tetap bermakna?

Banyak hal yang membuat kasih sayang di antara dua insan menghilang. Jarak yang memisahkan, hadirnya orang ketiga, tidak adanya komunikasi yang baik, salah satu merasa tersakiti, beban ekonomi, sampai lupa pada tujuan awal mengapa mereka memutuskan untuk menikah. Hingga kemudian hari-hari dalam pernikahan terasa biasa saja. Atau justru menyiksa bagi salah satunya.

Baca juga: Sumber Perselisihan Menantu Dan Mertua

Dampaknya tidak main-main. Cukup banyak pasangan yang memutuskan mengakhiri mahligai rumah tangga dengan alasan tak ada rasa cinta lagi. Anak-anak pun turut jadi korban.

Padahal dengan mau sedikit merenung dan memikirkan kembali masak-masak kondisi yang sedang terjadi, masalah bisa diatasi. Bukan saja cinta yang kembali, akan tetapi juga rasa saling memiliki satu sama lain kian menguat.

Perubahan memang tak bisa dihindari

Sadari memang perubahan dan gejolak dalam ikatan pernikahan akan selalu ada. Tidak bisa dihindari, namun bisa diatasi. Misalnya cinta memudar karena sibuk dengan kegiatan sendiri-sendiri. Yang mana menghadirkan rasa menjauh dan terasing. Terlebih dalam pernikahan, ada tanggung jawab yang harus dipenuhi. Maka sangat mungkin, hal-hal yang dianggap tidak penting, seperti mengucap kata romantis, tak tersampaikan.

Utarakan pada pasangan

Utarakan pada pasangan apa yang Anda rasakan. Termasuk apa yang diinginkan darinya. Terkadang ada yang terlupakan, yakni cinta itu masih ada, sayangnya tidak hangat seperti dulu kala.

Dengan terbuka sedikit saja, pasangan yang mungkin tadinya tidak peka, kini bisa lebih mengerti apa Anda alami. Cinta pun bersemi kembali.

Cari solusi berdua

Lanjutkan dengan membuat solusi berdua. Sebab jika hanya salah satu yang membuat, dan yang lain tidak terlibat, hasilnya tidak maksimal. Solusi yang sudah disepakati sangat penting untuk dipatuhi. Seiring berjalannya waktu, solusi juga perlu dikoreksi. Terutama menyesuaikan dengan kenyamanan masing-masing, asal tujuannya tetap sama, yakni mengembalikan cinta dalam pernikahan.

Baca juga: Memetik Manfaat Pillow Talk Bagi Pernikahan

Temukan selingan

Pudarnya cinta bisa pula dikarenakan oleh rasa bosan. Akibat monotonnya interaksi berdua sehari-hari dan terus terulang dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, jangan ragu untuk mengambil selingan. Aktivitas yang selama ini jarang dilakukan namun efektif merangsang datangnya lagi bumbu-bumbu romantisme saat ini dan seterusnya. Tak terkecuai mendekor ulang kamar tidur dan mencoba gaya baru dalam bercinta.

Kencan berdua

Atasi dengan kencan berdua. Terlebih untuk Anda yang selama ini memang sudah tak ingat lagi kapan terakhir kali sekadar makan malam berdua di luar, liburan ke tempat baru, mengunjungi lokasi bulan madu, serta lain-lain. Pilih agenda yang mampu mendatangkan kesempatan sebebas-bebasnya. Menikmati setiap detik bak raja dan ratu sehari saja.

Baca juga: Meninggalkan Anak Saat Berlibur Bersama Pasangan Tanpa Khawatir 

Ingat mengapa dulu jatuh cinta

Dan, ingat mengapa dulu Anda sampai terjebak cinta padanya. Karena kepribadiannya, karena kesungguhannya, karena impian berdua, atau karena apa? Masihkah itu semua Anda jaga? Supaya alasan yang dulu melandasi pernikahan tetap bertahan dan menyelimuti sampai maut memisahkan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments