09

Efektifkan Makan Siang Dengan Cara Ini

Makan siang bukan ajang untuk sekadar makan. Waktu break ini juga merupakan masa istirahat sejenak berhenti dari pekerjaan. Maka harus dibuat efektif. Supaya dalam waktu singkat, makan siang memang menghasilkan manfaat.

Manfaat bagi kesehatan jiwa agar tak terus menerus memikirkan beban pekerjaan, manfaat sosial dengan bercengkerama tanpa arah, untuk mendapatkan sedikit hiburan di tengah-tengah padatnya kesibukan, juga termasuk manfaat untuk sehatnya fisik yang dimiliki. Karenanya makan siang sudah selayaknya digunakan sebaik-baiknya.

Baca juga: Membuat Bekerja Dari Rumah Bisa Efektif

Bukan dilewatkan, atau terlambat menyantapnya. Apalagi bila sejak pagi Anda hanya sarapan alakadarnya, menempuh jarak yang cukup jauh, dan telah melakukan berbagai kegiatan yang menguras fisik serta emosi. Makan siang bisa menjadi obat untuk membantu tubuh selalu sehat. Tentu dengan beberapa syarat. Dari waktu hingga menu, juga syarat lain yang tak boleh dianggap sepele.

Bukan di meja kerja

Hindari meja kerja sebagai spot makan siang. Lebih baik pilih tempat lain. Meski Anda sudah membawa makan siang sendiri dari rumah. Misalnya ruang makan yang memang telah disediakan oleh kantor. Bila harus membeli, segera pergi dari ruangan dan langkahkan kaki ke tempat di mana Anda bisa mendapatkannya. Makan di meja kerja memang praktis. Sayangnya tidak menyehatkan, akibat Anda tetap berfokus pada kerjaan dan sering membuat perut tetap terasa lapar.

Tepat waktu

Ada waktu ideal yang disarankan untuk menyantap makan siang. Yakni di rentang pukul 12 sampai 13. Setidaknya empat jam setelah Anda mengonsumsi menu makan pagi.

Atau bila makan siang terhambat oleh pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan, usahakan tetap makan siang tidak lebih dari jam empat sore. Tujuannya, guna menjaga metabolisme tubuh tetap stabil dan perut tidak terlalu kosong. Di samping untuk menjaga keseimbangan emosi, lantaran perut yang kosong seringkali diikuti sikap-sikap yang kurang terkontrol.

Baca juga: OB Senang, Pekerjaan Lancar

Lebih baik beramai-ramai

Ketimbang makan sendiri, lebih baik cari teman. Lebih baik lagi bila beramai-ramai. Interaksi sehat yang diisi canda tawa, obrolan ringan, sampai membahas hal penting bila diperlukan. Tak hanya kebersamaan yang dirajut, tapi juga kebutuhan bersosial di tengah-tengah suasana individual yang biasanya amat terasa di kalangan pegawai kantoran.

Menu harus tetap sehat

Selain itu menu harus tetap sehat. Pastikan selalu memenuhi nutrisi dan tidak melewatkan urusan protein dan vitamin. Hindari makanan instan, gula berlebih, atau kaya kolesterol. Memang makanan ini biasanya punya rasa yang lebih nikmat. Akan tetapi tak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Perhatikan camilan siang

Biasanya setelah makan siang Anda ingin pula sedikit camilan untuk dibawa ke meja kerja. Tetap perhatikan kalori dan jenisnya. Biskuit gandum, black coffe, dan potongan buah adalah pilihan yang lebih baik daripada menu dengan manis berlebihan.

Baca juga: Kerja Efektif Sambil Ngemil Asyik

Jangan langsung balik ke meja

Setelah menyantap, coba cari aktivitas fisik ringan. Seperti berjalan kaki, naik tangga, duduk-duduk dulu di luar ruangan, membasuh muka atau membersihkan diri, dan sebagainya. Intinya aktivitas yang bisa mengembalikan semangat dan fokus sebelum balik ke meja kerja. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments