Foto imdbdotcom

Lokasi Syuting Film yang Jadi Tempat Wisata

Banyak sekali film menyuguhkan lokasi yang amat menarik. Lokasi syuting yang menjadi penambah daya tawar. Hingga kemudian banyak diburu oleh para penggemar, untuk bisa merasakan langsung jalan ceritanya.

Mayoritas menampilkan keindahan alam atau tempat-tempat yang melegenda. Terkadang satu tempat begitu diangkat ke layar lebar, mendadak langsung memiliki sejuta fans. Apalagi bila memang tempatnya dikenal masih perawan, eksotis, menjajakan kelezatan kuliner, serta sulit dijangkau. Memperkaya referensi liburan dan menambah pengetahuan.

Baca juga: Lebih Kenal Papua Lewat Film

Pergi sendiri, bersama keluarga, atau dalam rombongan besar, semuanya tetap menyenangkan.

Ada Apa Dengan Cinta 2

Foto: IsolaPos.com

Gara-gara Dian Sastro dan Nicholas Saputra, Yogyakarta juga Magelang kian padat dengan para pelancong. Salah satunya adalah Gereja Ayam atau Bukit Rhema yang langsung melejit. Sementara tempat penyedia jasa seperti Sellie Coffee, Sate Klatak Pak Bari, Klinik Kopi, Lokal Resto, dan Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman meraup untung besar karena tak pernah sepi dengan kedatangan tamu.

Laskar Pelangi

Foto: KapanLagi.com

Bisa dikatakan, film Laskar Pelangi telah berhasil mendongkrak tinggi pariwisata di Pulau Belitung. Kini, terutama di musim liburan, wisatawan terus berdatangan. Khususnya di Pantai Tanjung Tinggi, Kota Tanjung Pandan, Replika SD Gantong, dan Museum Kata Andrea Hirata. Dan memang sesuai dengan yang terbayang di film, lokasi syutingnya sungguh indah memesona.

Dilan

Foto: AyoBandung.com

Dilan yang sedang ngetren dengan segala kekompleksan cerita cinta, lokasi syutingnya juga banyak diburu. Kebanyakan di tempat kuliner. Mulai dari Mie Bakso Akung, Warung Bi Eem, Dago Tea House, Minimarket Trina, dan Pasar Gedebage. Para fans tidak hanya bakal meresapi gejolak cinta anak muda, melainkan juga kenyang dengan segala sajian yang tersedia.

Baca juga: Bahaya Mengintai Saat Anak Menonton Tak Sesuai Usia

Eat Pray Love

Foto: Phinemo.com

Dari luar negeri, ada film yang dibintangi Julia Roberts. Mengambil lokasi di Indonesia dan luar negeri. Salah satunya di Ubud, Bali, yang memang sudah terkenal seantero dunia. Lalu ada kota Naples, Italia yang menyuguhkan kelezatan pizza, serta kota di India yang kental dengan suasana spiritualnya.

The Lord of The Rings

Foto: economictimes.indiatimes.com

Rasa-rasanya apa yang disajikan sebagai latar belakang film ini wajib untuk dikunjungi. Sebab keelokan alamnya tidak bisa diutarakan dengan kata-kata. Semuanya ada di New Zealand. Ada Matamata sebagai desa Shire, Wellington, Nelson, Canterbury, Mackenzie Country, Fiorland, dan Southern Lakes. Pengunjung akan diajak menikmati bentangan alam dengan sejuknya udara dan air yang masih sangat jernih.

Baca juga: Pilihan Situs Yang Ramah Anak

Twilight

Foto: commonsensemedia.org

Sejak serial film Twilight beredar, memang kunjungan ke Seattle, Amerika Serikat, langsung melonjak. Bahkan ada tur khusus untuk membawa pengunjung ke lokasi syuting. Destinasi utamanya ke Forks dan La Push. Di samping yang tak ingin dilewatkan adalah Bella Italia sebagai tempat kencan pertama si vampir tampan dengan kekasih manusianya yang cantik.

Harry Potter

Foto: Kompas.com

Dunia sihir teryata mampu membius penggemarnya untuk merasakan langsung lokasi pembuatannya. Sarat dengan suasana sejarah di Inggris, salah satunya Kastil Alnwick yang di-setting sebagai sekolah Hogwart. Di sana, selain merasakan hawa magis seperti di film, koleksi seni Renaissance beserta porselennya masih tersimpan rapi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: imdb.com

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments