07

Hand Sanitizer Bisa Kedaluwarsa?

Menemukan persediaan hand sanitizer di tas lama memang menggembirakan. Terlebih saat ini hand sanitizer langka di pasaran. Warna tak berubah, bau pun masih sama. Padahal Anda telah membeli produk hand sanitizer setahun lalu atau lebih. Apakah hand sanitizer tersebut masih bisa Anda gunakan?

Langkah pertama, balik dan cermati tanggal yang tertera pada label kemasan. Ya, setiap produk hand sanitizer harusnya memiliki tanggal kedaluwarsa yang tetap harus Anda perhatikan. Namun bisa jadi karena tergesek-gesek, tinta atau tanggal tersebut pudar atau hilang.

Bila Sudah Kedaluwarsa

Berbeda dengan bahan makanan atau produk lain yang mengalami perubahan warna, bentuk, dan bau bila telah kedaluwarsa, hand sanitizer tak menunjukkan tanda-tanda tersebut. Namun beberapa ahli mengatakan, bahan aktif hanya dijamin efektif hingga tanggal kedaluwarsa.

Bahan utama hand sanitizer adalah alkohol yang dicampur dengan bahan lain untuk menjaga efek alkohol melawan bakteria. Bahan lain yang dicampurkan bisa berupa bahan aktif, humectant, emolient dan moisturizer, dan emulsifier.

Baca juga: Langkah Sigap Menangani Flu

Seiring dengan waktu, alkohol dapat menguap. Jika konsentrasinya menurun, efek untuk membunuh kuman dan bakteri juga turun. Ini membuat hand sanitizer yang sudah kedaluwarsa tidak lagi efektif membunuh kuman. Hand sanitizer hanya akan mampu membunuh bakteri bila konsentrasi kandungan alkohol 70%.

Jika Telanjur Dipakai

Apa yang terjadi bila Anda telanjur menggunakan hand sanitizer yang kedaluwarsa? Jangan khawatir, meski kedaluwarsa tidak akan berbahaya. Hanya saja, seperti yang disebutkan tadi, keampuhannya dalam membunuh kuman dan bakteri kemungkinan telah berkurang.

Gesekan dan cairan akan membantu menyingkirkan beberapa kuman. Tetap lebih baik dibanding bila Anda sama sekali tidak membersihkan tangan. Usapkan ke seluruh permukaan tangan dan biarkan mengering alami, jangan dilap.

Baca juga: Cara Efektif Ajarkan Anak Rutin Cuci Tangan

Namun bila tersedia tempat cuci tangan sebaiknya usahakan mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Terutama bila Anda hendak makan. (YBI)

 

Foto ilustrasti: Freepik

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments