22

Mengenal Aneka Saus Pasta dalam Makanan Korea

Menangnya film Parasite dari Korea Selatan sebagai Film Terbaik 2020 dalam ajang Oscar, makin menambah kepopuleran kuliner Korea. Makanan Jjapaguri atau Ram-Don yang ada di salah satu scene krusial Parasite misalnya, kini banyak yang penasaran untuk mencobanya.

Makanan Korea memang cocok di lidah kebanyakan orang Indonesia yang menyukai makanan pedas dan kaya bumbu. Apalagi kini sudah banyak supermarket besar atau gerai yang menjual bahan untuk membuat makanan Korea.

Meski resto Korea sudah banyak bermunculan, termasuk di Bintaro, Anda bisa mencoba membuat makanan Korea sendiri. Apalagi pada akhir pekan yang kerap hujan ini, makanan Korea yang panas pedas, cocok untuk hidangan Anda sekeluarga.

Baca juga: Kuliner Korea Bergaya Cafe di Bintaro

Jika Anda ingin mencoba membuat makanan ala Korea, kenali beberapa saus berbentuk pasta yang hampir hadir di semua masakan Korea. Dengan mengenal saus pasta ini, siapa tahu Anda justru bisa meramu saus pasta ini dengan makanan Indonesia.

Gochujang (saus pasta cabai pedas)

Inilah bumbu yang paling terkenal di antara bumbu-bumbu Korea. Saus ini harus Anda miliki bila ingin memasak makanan Korea. Karena saus pasta kental warna merah ini hadir hampir di semua masakan, mulai dari sup, makanan pendamping, stew, makanan utama, marinade, dan lain-lain.

Gochujang terbuat dari bubuk cabai, tepung ketan, kecap asin, dan garam. Meski pedas, namun saus pasta ini memiliki rasa manis dan gurih yang samar. Ketajaman rasanya karena saus ini biasanya difermentasikan selama bertahun-tahun dalam kuali tanah liat.

Merek gochujang yang populer di Korea adalah Chungjungwon Sunchang gochujang dari Daesang dan Haechandle gochujang dari CJ.

Doenjang (saus pasta kedelai)

Foto: maangchi.com

Rasanya yang tajam karena saus ini merupakan kedelai yang difermentasikan, seperti halnya gochujang. Rasanya gurih, karena itu sangat pas digunakan untuk membuat sup dan stew, atau sebagai saus untuk membuat makanan pendamping.

Konon doenjang memiliki gizi tinggi, karena kaya mineral dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Itu pula sebabnya doenjang disebut-sebut bersifat antikanker.

Ssamjang (saus colek)

Saus dengan rasa pedas ini biasanya menemani hidangan bakar atau barbeque. Kalau Anda menonton film atau drama Korea, saus inilah yang kerap dicolek dan dioleskan ke sayuran seperti selada air yang membungkus aneka makanan barbeque, lalu langsung disantap.

Anda bisa membuat sendiri saus ini sendiri, menggunakan gochujang, doenjang, bawang putih cincang, cincangan bawang bombay, dan sesame oil atau minyak wijen.

Chunjang (saus pasta kedelai hitam)

Inilah saus yang dipakai untuk membuat jajangmyeon atau jajangbap. Terbuat dari kacang kedelai hitam yang difermentasikan. Saus ini bisa menghasilkan rasa umami. Pada beberapa masakan, saus ini perlu diolah atau dimasak lagi, untuk menghilangkan rasa aslinya yang sedikit getir. (YBI)

Baca juga: Makanan Pendamping Khas Korea yang Tak Kalah Lezat

 

Foto ilustrasi: Pexels, Pixabay, istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments