13

Cegah Kriminalitas Saat Macet

Kriminalitas bisa terjadi kapan saja. Salah satunya ketika macet melanda. Kesempatan yang seringkali dimanfaatkan oleh para pelaku di saat pengemudi tidak punya banyak kuasa. Tapi tetap tenang, masih ada cara untuk mencegahnya.

Bentuk kriminal saat macet ada beberapa. Paling banyak terjadi adalah dengan memecahkan kaca lalu mengambil barang di dalam mobil. Pelaku dapat kabur dengan kendaraan yang lebih cepat, seperti sepeda motor, atau dengan berlari. Bisa pula dengan merampas kendaraan atas berbagai dalih. Sedang korban tidak bisa meninggalkan kendaraannya begitu saja. Mereka juga akan melihat faktor pendukung yang kian menguatkan kesempatan. Misalnya perempuan yang dinilai kurang bisa melawan.

Baca juga: Modus Kriminal Yang Sering Diarahkan Ke Pengendara Mobil

Jadi, jangan lengah sedikit pun. Namun juga jangan mati-matian mempertahankan harta benda. Sebab mereka tak akan segan melukai para korban demi mendapat barang intaian. Cegah dari sekarang, terlebih ketika sejak awal memang sudah mengetahui rute tersebut kerap macet setiap saat.

Jangan asyik dengan gadget

Macet memang menyebalkan. Biasanya para pengemudi akan mengalihkan perhatian pada layar gadget sembari menunggu giliran maju. Fenomena ini merupakan kesempatan besar bagi pelaku yang menganggap penghuni kendaraan sedang lengah. Mereka bakal melancarkan aksinya. Dari mengambil paksa gadget yang sedang dinikmati serta modus-modus lainnya.

Amati terus kondisi disekitar kendaraan berhenti. Terutama untuk pihak-pihak yang terus memelototi kendaraan, tampak mengikuti, atau muncul mendadak.

Tapi tetap maksimalkan gadget

Tapi gadget juga ada manfaatnya.

Nyalakan aplikasi penunjuk lokasi di mana Anda berada, tandai area-area yang memang sudah terkenal kejahatannya, hingga beritahukan pada orang-orang terdekat.

Langkah ini bisa membantu untuk melacak jejak kriminalitas andai memang suatu saat Anda harus berurusan dengan pihak tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Perhatian Ekstra Bila Tinggal di Tepi Jalan Raya

Jaga penampilan

Jaga penampilan selalu. Para pelaku sangat gemar mengamati apa yang dikenakan calon targetnya. Objek yang menjadi alasan kuat mereka melakukan aksi kejahatan. Karenanya sangat disarankan untuk tidak memakai perhiasan berlebihan saat perjalanan. Serta mengenakan barang-barang yang ditengarai mahal atau branded.

Letakkan bawaan dengan aman

Letakkan pula barang-barang bawaan dengan aman. Pilih tempat yang lebih tersembunyi dari pandangan luar. Contohnya meletakkan tas berisi barang berharga dan dompet ke dalam dashboard. Sama halnya dengan meletakknya uang tunai, meski beberapa lembar. Sebisa mungkin tidak menarik perhatian pelaku kriminal.

Hati-hati dengan razia

Tetap tenang saat ada razia kala macet. Hindari sikap yang gegabah, panik, atau malah langsung percaya begitu saja. Terutama saat petugas hanya mendatangi kendaraan Anda.

Tetap kunci rapat pintu, dan hanya buka sedikit kaca jendela. Jangan langsung menyerahkan kunci maupun surat-surat penting.

Tanya balik surat resmi razia berikut alasan mereka mendatangi kendaraan Anda.

Baca juga: Jenis Kriminal Yang Perlu Diwaspadai Turis

Lihat situasi sebelum melawan

Seandainya memang tindakan kriminal tak terhindari, lihat situasi sebelum melawan. Anda bisa berteriak minta tolong, sebab logikanya, saat macet tentu banyak orang di jalan. Akan segera banyak bala bantuan datang. Tapi tunda bila pelaku menggunakan senjata api. Salah-salah akan melukai Anda dan orang lain. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments