02

Cerdas Menjaga Kehamilan dan Mengawal Pertumbuhan Buah Hati

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak sedunia dan Hari Gizi Nasional yang jatuh pada Februari, ada acara menarik yang digelar oleh Anargya Enterprise dan Titan Centre. Yakni talkshow seputar kesehatan ibu hamil dan mencegah stunting.

Tepatnya pada Sabtu di hari pertama Februari 2020 sejak pagi hingga menjelang sore hari. Diramaikan oleh para pakar di bidangnya, para artis undangan, juga peserta dari berbagai kalangan. Termasuk para ibu kader dan pendamping penyuluhan dari Puskesmas Pondok Betung yang terlihat sangat antusias.

Cerdas menjaga kehamilan

Sesi pertama dibawakan oleh spesialis kandungan, dr. Dewi Ratih, SpOG (K), MSI, MED, dan artis Yasmin Wildblood. Yasmin banyak menceritakan mengenai perbedaan kedua kondisi kehamilannya. Hamil pertama tidak banyak drama. Berbeda saat kehamilan kedua dimana tantangan lebih beragam. Terlebih sudah ada anak dan masih membutuhkan perhatiannya. Meski begitu, dikehamilan kedua, Yasmin lebih siap dan makin kaya pengalaman. Seperti membekali diri dengan senam, filateli, akupuntur, dan sebagainya.

Cerita kemudian disambung oleh dokter Ratih dengan materi yang kental. Dalam bahasa yang ringan, dokter kandungan ini menjelaskan, “Sangat penting suami istri mempersiapkan kehamilan yang sehat. Bahkan perlu disiapkan sejak anak masih remaja,” terangnya.

Mulai dari pola makan yang harus sehat, mengetahui riwayat kesehatan keluarga, dan membutuhkan support system yang baik. Juga ditunjang dengan ikut kelas prenatal. Yang mana dapat menjadi bekal agar selama kehamilan segalanya terkondisikan dengan baik.

MPASI optimal untuk mencegah stunting

Berlanjut pada sesi kedua yang mengangkat tema pencegahan stunting melalui MPASI optimal. Menghadirkan dokter spesialis anak dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA, MARS,  (akrab disapa dokter Tiwi) dan dari dunia entertainment Kartika Putri.

“Stunting itu disebabkan oleh kekurangan gizi dalam waktu lama,” ujar dokter Tiwi. Karenanya dia sangat menyarankan untuk terus melakukan pemantauan ketat pada tinggi dan berat badan bayi. Apalagi kasus stunting di Indonesia terbilang sangat tinggi, mencapai 30 persen.

Sangat disarankan orang tua tidak boleh hanya fokus pada asi eksklusif saja. Akan tetapi mesti memasang perhatian pada tahap selanjutnya. Yaitu pemberian MPASI yang bernutrisi dan menghasilkan dampak yang positif pada tumbuh kembang buah hatinya.

Hiburan lainnya

Selain talkshow, acara dimeriahkan pula dengan berbagai aktivitas lainnya. Mulai dari lomba menghias cupcakes untuk anak-anak, pembagian hadiah bagi peserta yang bertanya, dan undian doorprize yang ditunggu-tunggu oleh semuanya.

Sementara di luar ruangan, banyak booth memajang barang dagangan. Seperti makanan, pakaian, produk bayi, cek darah dan kesehatan gratis, hingga info-info menarik seputar kehamilan yang diadakan oleh empatbulan.app. (LAF)

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Lies Afroniyati

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIKULINER

Comments

comments