26

Teknik Live di IG Tanpa Ganggu Orang Lain

Mengabarkan diri sendiri di akun Instagram (IG) sekarang sedang nge-tren. Bak selebriti terkenal yang sedang menjalani syuting. Akan tetapi semua itu tetap ada etikanya. Ketahui dan pahami agar saat live tidak mengganggu kepentingan orang lain.

Meski berawal dari niat yang baik, misalnya untuk memberitahukan informasi lokasi atau situasi tertentu, namun bisa berubah menjadi masalah jika tak memperhatikan rambu-rambunya. Siaran Anda bisa dianggap gangguan, pelanggaran, hingga menimbulkan masalah serius.

Baca juga: Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Selfie Ketika Berwisata

Jadi jangan hanya terpaku pada soal eksis diri sendiri. Layaknya orang yang sedang selfie. Pengambilan gambar perlu santun dan tak menimbulkan celaka. Terlebih bagi diri sendiri maupun terhadap orang lain. Semata-mata agar konten live di IG kesampaian, dilihat banyak follower, Anda pun ikut senang, serta orang lain tak keberatan.

Lihat situasi

Coba lihat situasi terlebih dulu. Tidak setiap kesempatan dan lokasi bisa dimanfaatkan untuk siaran langsung di IG. Contohnya saja saat banyak orang berduka dan Anda malah asyik sendiri dengan konten akun. Contoh lainnya ketika berada di tempat yang berdesak-desakkan, sedang Anda sibuk mempersiapkan piranti untuk siaran. Aktivitas yang membuat Anda lengah dan tak memperhatikan betul situasi sekitar.

Hindari tempat terlarang

Hindari siaran langsung saat berada di tempat terlarang. Salah satunya adalah bioskop. Di mana Anda bisa rentan tertuduh sebagai pengkopi film secara ilegal. Di samping tentu mengganggu ketenangan penonton yang lain. Konser musik klasik, drama teater, pertunjukan yang memang sebelumnya dilarang direkam, tempat memorial masa lalu, adalah sebagian contoh lain yang sebaiknya dihindari.

Baca juga: Gangguan Mental Terkini Karena Media Sosial

Perhatikan posisi alat pelengkap

Perhatikan posisi alat pelengkap yang Anda bawa. Dari tongsis, tripod, gorillapod, lazypod, atau apapun jenisnya. Kadang tanpa terasa alat-alat tersebut terangkat ke segala arah. Menghalangi pandangan dan sangat mungkin mengenai orang lain. Akibatnya bisa berkepanjangan.

Hormati privasi orang lain

Prioritaskan privasi orang lain yang sangat penting untuk dijunjung tinggi. Tak salah bila Anda mengawali dengan bertanya dulu. Meminta izin untuk live barang beberapa menit saja. Sebab wajah mereka akan ikut terpampang dalam video. Walau merupakan teman dan komunitas sendiri. Andai tak mendapat izin, coba cari tempat yang sekiranya lebih jauh dan aman untuk siaran sendiri. Dan sadari, Anda tak mungkin siaran langsung di lokasi seperti toilet umum. Yang mana privasi harus amat terjaga.

Jaga volume bicara

Jaga volume bicara selama prosesnya. Tak masalah untuk membuat suara lebih berisik ketika ada di ruangan outdoor. Namun sebaliknya, jangan lakukan bila berada di ruang tertutup. Apalagi tertera aturan untuk diam seribu bahasa.

Baca juga: Batasan Ranah Pribadi Di Media Sosial

Pikirkan dampaknya

Serta pikirkan dampaknya.

Hak setiap orang untuk membuat video. Tapi ada efek yang harus turut dipikirkan sebelum menyiarkannya.

Lebih tepatnya, menimbang faedah dan mudharatnya. Mungkin satu siaran bisa membuat Anda tenar. Namun sangat mungkin pula tenar dalam arti yang negatif. Isinya dicibir banyak orang karena dianggap tak beretika. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments