24

Nutrisi Ini Diperlukan untuk Kesuburan Pria

Masalah kesuburan tidak hanya dialami oleh para perempuan. Pria juga bisa mengalami hal yang sama. Jika Anda mengalaminya, coba tengok kembali asupan makanan yang selama ini dikonsumsi. Sebab ada jenis-jenis makanan yang berpengaruh baik pada cita-cita mendapat keturunan.

Selain itu, ternyata makanan juga menjadi indikator pada kesuburan. Makanan yang bergizi buruk akan berdampak pada kualitas sperma yang rendah. Sedangkan makanan yang bernutrisi baik akan menghasilkan kerusakan DNA lebih sedikit pada sperma, sehingga keturunan yang diperoleh juga berkualitas baik. Kandungan pada makanan akan menggerakkan sperma jadi aktif dan melakukan pembuahan.

Baca juga: Alat Kontrasepsi Nyaman Untuk Pria

Di samping itu sangat dianjurkan, selama beralih ke makanan sehat, para pria sebisa mungkin meninggalkan kebiasaan yang buruk.

Seperti berhenti minum-minuman beralkohol, mengurangi minuman berkafein, merokok aktif maupun pasif, tidur tak beraturan (begadang), jarang berolahraga, menyantap junk food dan lemak berlebihan, serta aktivitas yang buruk bagi kesehatan. Hal ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja dari makanan. Jadi tak sia-sia perjuangan via makanan yang telah ditempuh.

Seng dan selenium

Seng dan selenium amat baik bagi kualitas kesuburan pria atau sperma. Jika kadar kedua zat tersebut sedikit di dalam tubuh, maka kemungkinan besar mutu sperma tidak bisa diandalkan. Sebaliknya, ketika jumlahnya mencukupi atau melimpah, seng dan selenium dapat mengaktifkan sperma. Ibaratnya seperti sebuah jalan tol yang kosong, tiada hambatan bagi sperma menuju sasaran.

Adapun jenis makanan yang mengandung seng dan selenium banyak sekali. Di antaranya ada daging sapi, ayam, telur, produk susu, udang, tiram, roti, ikan, dan bawang putih. Untuk ayam dan telurnya, ada baiknya pilih yang berasal dari ayam kampung. Dan, sebagai tambahan, bawang putih selain mengandung selenium, juga menyimpan zat asilin. Berguna untuk meningkatkan aliran darah ke organ seksual dan memproteksi sperma dari kerusakan.

Baca juga: Mengenal Puber Kedua Para Pria

Antioksidan

Para pria juga membutuhkan makanan yang kaya antioksidan. Di mana zat ini efektif menurunkan kerusakan pada membran sel sperma. Kualitas sperma yang dikeluarkan jadi lebih tergaransi. Makanan dengan aktioksidan tinggi ditandai dengan kaya vitamin C, vitamin E, dan vitamin A (dalam bentuk betakaroten). Sebut saja pisang, brokoli, wortel, bayam, asparagus, dan cokelat hitam. Beberapa bahkan ampuh meningkatkan libido dan menghasilkan sperma dua kali lebih banyak.

Folat

Sama halnya dengan kebutuhan akan folat atau lebih dikenal dengan vitamin B9. Meski hingga kini belum ada penelitian yang valid mengenai asupan folat dengan meningkatnya sperma, namun tak ada salahnya tetap mengonsumsi makanan yang mengandung folat. Mulai dari sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, asparagus, dan lobak hijau. Lalu juga terdapat pada jeruk, kentang, serta sereal yang sudah difortifikasi dengan asam folat.

Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 tidak hanya meningkatkan jumlah dan mobilitas sperma, ia juga memperbaiki bentuknya. Sehingga pergerakan sperma jadi lebih mudah dan tentunya baik untuk kualitas. Daftarnya antara lain ada pada kacang walnut, kepiting, salmon, ayam, dan lemak ikan. (LAF)

Baca juga: Skin Care Dasar yang Dibutuhkan Pria

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @ETALASEBINTARO @ETALASEMEDIAKULINER

Comments

comments